PENGARUH TAYANGAN TELEVISI TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL PERILAKU ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NUSA INDAH PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh tayangan televisi terhadap perkembangan moral perilaku anak kelompok B (usia 5-6 tahun) Di TK Nusa Indah Palembang. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah pre-exprimental design (nondewdgns)jenis one-group pretest-postest design. Populasi penelitian adalah anak kelompok B di TK Nusa Indah palembang. Sampel penelitian adalah kelas B3 dengan jumlah 30 orang anak kelas eksperimen. Data di peroleh melalui observasi dengan menggunakan lembar check-list yang disesuaikan dengan kisi-kisi instrumen yang telah dibuat serta dokumentasi berupa foto dan video. Berdasarkan nilai yang diperoleh bahwa rata-ratanilai untuk pre-test Berdasarkan nilai yang diperoleh bahwa rata-rata nilai eksperimen untuk post-test 79,1 sedangkan nilai rata-rata pre-test 63. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa hasil post-test lebih tinggi dibanding dengan hasil pre-test.  Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dari perhitungan uji-t di atas diperoleh nilai thitung = 11,48 jika dibandingkan dengan ttabel30adalah 1,697, berarti tolak Ho dan terima Ha, maka dari hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh tayangan televisi terhadap perkembangan moral perilaku anak kelompok B di TK Nusa Indah PalembangReferences
Afifi,Subhan 2010. Tayangan Bermasalah dalam Program Acara Televisi di Indonesia, Volume 8 Nomor 3 desember 2010 , yogyakarta. Di unduh pada 12-01-2019
Alimuddin, Andi. 2014. Televisi & Masyrakat Pluralistik, Jakarta: Prenada Media Group
Azmi, Nurul. 2014. Dampak Media Televisi Terhadap Perilaku Sosial AnakVolume 3 Nomor 2 Desember 2014. Jakarta. Di unduh pada 15-01-2019
Arikunto, 2013.Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta
Devita, 2016. Pengaruh Menonton Tayangan Televisi Terhadap Perkembangan Moral Remaja. Ponorogo. Di Unduh Pada Tanggal 11-06-2019
Ibung, Dian. 2009. Mengembangakan Nilai Moral Pada Anak, jakarta: PT Gramedia
Isroqmi, Asnurul. 2012. Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Palembang
Kardian, Andi. 2016. Komunikasi Sosial Pembangunan Tinjauan Komunikasi Dalam Pembangunan Sosial, Pakanbaru: Hawa Dan Ahwa
Meggitt, Carolyn. 2013. Memahami Perkembangan Anak, Jakarta: INDEKS
Morissan, 2018. Jurnalistik Televisi Mutakhir, Cimanggis: Prenada Media Group
Mursid, 2015. Belajar Dan Pembelajaran Paud, Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyani, Novi. 2018.Perkembangan dasar anak usia dini, yogyakarta: Gava Media
Sigiyono, 2017.Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfebeta
Soejanto, Agoes. 2005. Psikologi Perkembangan, Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Sudjana. 2013. Metode Statistika. Bandung: PT Trasito
Suhanda, Idad. 2016. Psikolologi Perkembangan Anak Usia Dini, Bandung: Remaja Rosdakarya
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sutijipto, Bambang. 2016. Media Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia
Suryadi, Israwati. 2013, Kajian Perilaku Menonton Tayangan Televisi Dan Pendidikan Literasi Media Pada Remaja Volume 05 Nomor 01 Palu, Di Unduh Pada 11-02-2019
Syah Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Rahmi,Fauzia. 2017. Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Pada Murid Kelas Iv Sd Negeri 47 Tompotikka Kecamatan Wara Kota Palopo. Di unduh pada 21-01-2019
Wahyu,S 2016. Membangun Kepribadian Anak, Jakarta: Cv Mitra Banua Kreasindo
Yuliati, Nova.2005. Televisi Dan Feenomena Kekerasan Perspektif Teori Kultivasi, Volume 06 nomor 01 juni 2005. Di unduh pada 17-01-2019