PENGARUH PENGGUNAAN MODIFIKASI MEDIA BOLA KARET TERHADAP KETERAMPILAN SHORT PASS DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DI TINGKAT SMP
Abstrak
Peristilahan kependidikan dikenal dengan ungkapan proses belajar
mengajar. Selain itu keberhasilan belajar akan memberikan rasa sukses yang
menyenangkan apabila dalam pelaksanaannya menggunakan strategi dan metode
pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan selama proses
pembelajaran berlangsung. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis
melakukan penelitian dengan judul: “ Pengaruh Penggunaan Modifikasi Media
Bola Karet Terhadap Keterampilan Short Pass dalam Permainan Sepak Bola di
SMPN 3 Cileunyi Kabupaten Bandung†Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan modifikasi media bola karet terhadap keterampilan Short Pass dalam
Permainan Sepak Bola di SMPN 3 Cileunyi Kabupaten Bandung. Berdasarkan
hasil pengolahan dan analisis data, maka kesimpulan dari hasil penelitian ini
adalah pendekatan penggunaan modifikasi media bola karet memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan Short Pass dalam permainan
sepak bola di SMPN 3 Cileunyi Kabupaten Bandung. Saran-saran yang dapat
penulis kemukakan adalah sebagai berikut: 1) Bagi para pembina, pelatih, atlet
sepak bola dan pembaca pada umumnya agar menerapkan prinsip-prinsip latihan
dalam melatih keterampilan short pass menggunakan modifikasi alat maupun
menggunakan alat standar untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik. 2)
Bagi rekan mahasiswa yang melakukan penelitian yang berkenaan dengan hal-hal
teknik yang mempengaruhi prestasi atlet sepak bola. Dan 3) Berkaitan dengan
penelitian yang penulis lakukan, sebaiknya diadakan penelitian lebih lanjut
dengan jumlah sampel yang lebih besar dan kajian yang lebih mendalam.
Referensi
Budi Santoso dkk. (2006). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta:
Yudhistira.
Husdarta, H., & Suherman, A. (2018). Psikologi Olahraga (4 ed.). (Riduwan, Ed.)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Alfab
Budi Santoso dkk. (2006). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta:
Yudhistira.
Husdarta, H., & Suherman, A. (2018). Psikologi Olahraga (4 ed.). (Riduwan, Ed.)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Alfabeta.
Lutan, R. (2005). Teori Belajar Keterampilan Motorik. Jakarta: Dirjen Dikti P2
LPTK.
Nurasyifa, W. H. (2010). Mari Belajar Sepak Bola . Bogor: PT. Regina Eka Putra.
Prastya, A. (2016). Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru.
In:. Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan
Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang
Universias Terbuka (UTCC). Universitas Terbuka.
Putra, D. A. (2016). Pengaruh Metode Latihan VO2Max Terhadap Teknik Dasar
Sepakbola. Jurnal Keolahragaan, 4, 3.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif
Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alphabeta.
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian. Bandung: Tarsito.
Suharsimi Arikunto, C. S. (2010). Suharsimi Arikunto., Cepi Saafruddin. Evaluasi
Program Pendidikan. Pedoman . Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suherman, A. (2008). Dasar-dasar Penjaskes. Bandung: Depdikbud.
Surakhmad. (2004). Definisi anggapan, Metodologi Gabungan
Kuantitatif/Kualitatif dan Analisis Data. Jakarta: Fakultas Kesehatan
Masyarakat, Universitas Indonesia.
Syamsudar, B. (2019). Pengaruh Latihan Plyometric Box dan Squat Jump
Terhadap Kekuatan Tungkai. Journal Of Pedagogy Physical Education, 1,
Syamsudar, B. (2019). Pengaruh Modifikasi Permainan Terhadap Passing
Sepakbola dalam Ekstrakurikuler di SDN Cibarengkok. Prosiding
SeminarNasional Olahraga. 1, p. 1. Palembang: Universitas PGRI
Palembang.
Wargadinata, L. U. (2013). Modul Pembelajaran Sepakbola (Vol. 3). (B.
Syamsudar, Ed.) Bandung: STKIP Pasundan Cimahi.