IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN LAY-UP SHOOT

Penulis

  • I Wayan Merta SMA Negeri 4 Singaraja Bali

Abstrak

Implementasi model pembelajaran CTL dengan inkuiri ini di pilih
mengingat hasil belajar PJOK siswa kelas X-IPS 1 SMA Negeri 4 Singaraja
tahun pelajaran 2019/2020 pada awalnya masih rendah yaitu mencapai nilai ratarata
69. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar lay-up shoot pada
permainan bola basket, dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK.
Penelitian ini menggunakan 2 (dua) siklus. Analisis data menggunakan statistik
deskriptif. Pencapaian tingkat ketuntasan kompetensi dasar lay-up shoot
dikonversikan dengan penguasaan tingkat kompetensi mata pelajaran pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan yang berlaku di SMA Negeri 4 Singaraja.
Berdasarkan akumulasi nilai aspek psikomotor, aspek kognitif, dan aspek afektif
yang diperoleh pada siklus I dan II, setelah di analisis dengan menggunakan
statistik deskriptif, diperoleh nilai ketuntasan 95% atau berada pada predikat
dengan nilai A (sangat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
implementasi model pembelajaran CTL dengan inkuiri sangat efektif dan
mendapat respon yang positif sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan
hasil belajar lay-up shoot pada permainan bola basket pada siswa kelas X-IPS 1
SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020.

Referensi

Ahmadi. 2007, Permainan Bola Basket, Surakarta: Penerbit Era Intermedia.

Johnson,EB. 2002,Contextual Teaching And Learning, Bandung : Penerbit MLC.

Kanca, I Nyn. 2006, Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja: Universitas

Pendidikan Ganesha.

Kunandar. 2007, Guru professional Implementasi Kurikulum Tingkat satuan

Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Penerbit

Rajawali Pers.

Trianto. 2007, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktif, Konsep,

Landasan Teoritis Praktis dan Implementasinya, Jakarta:Penerbit Prestasi

Pustaka Publisher.

------, 2009, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan,

dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),

Jakarta:Prenada Media.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015 Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat

Pendidikan Dasar,Jakarta: PT. Raja Grafinda Persada.

Diterbitkan

2020-06-28