UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA GUNTING MELALUI METODE PERMAINAN LOMPAT TALI PADA SISWA KELAS V A SD NEGERI 72 PAGAR ALAM
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar lompat tinggi gaya
gunting dapat ditingkatkan melalui metode permainan lompat tali
ada siswa kelas V A SDN 72 Pagar Alam. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode permainan lompat tali dapat
meningkatkan hasil belajar dalam cabang olahraga lompat tinggi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dua
siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah kelas V A SD Negeri 72 Pagar Alam yang berjumlah 29
orang. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil tes belajar. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari KKM yang sudah
ditentukan guru PJOK dan sekolah yaitu 66,7, terbukti pada data awal sebelum
diberikan perlakuan siswa yang tuntas dalam pembelajaran berjumlah 5 siswa atau
17,2%. Pada siklus satu yang tuntas belajar mencapai 20 siswa atau 68,9%. Pada
siklus dua mencapai 27 siswa atau 93,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa metode permainan lompat tali efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran lompat tinggi gaya gunting pada siswa kelas V A SD Negeri 72
Pagar Alam.
Referensi
Aif, Syarifudin. 1993. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: PT. Gramedia.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Iwan, Ridwan. 2008. Atletik. Surakarta: PT. Widya Duta Grafika.
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Subarjah, Herman. 2008. Permainan Kecil di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Sukidin, dkk. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendikia.
Sukirno. 2010. Materi Metodelogi Penelitian. Palembang: Universitas Sriwijaya.