EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK)
Abstrak
Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau virus corona telah banyak
mengubah tatanan kehidupan masyarakat di dunia termasuk Indonesia.
Pendidikan menjadi salah satu sektor terdampak sehingga mengharuskan
perubahan sistem dari tatap muka menjadi jarak jauh dengan daring. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis efektifitas pembelajaran daring yang telah
dilaksanakan oleh SMP Negeri 4 Pakem Tahun Ajaran 2019/2020 selama
pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan
metode survei dengan kuisioner yang dilakukan secara online. Data dianalisis
menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian menggambarkan bahwa
pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dengan daring
berjalan secara efektif. Aplikasi yang dinilai paling mudah digunakan siswa
adalah Google Classroom dan menggunakan model pembelajaran penugasan
individu serta penugasan yang paling mudah dipahami adalah soal pilihan ganda.
Kendala yang paling sering dihadapi siswa adalah permasalahan jaringan internet.
Referensi
Badan Pusat Statistik. 2020. Persentase Penduduk yang Memiliki/Menguasai
Telepon Seluler Menurut Provinsi dan Klasifikasi Daerah, 2012-2018.
https://www.bps.go.id. Diakses pada 25 Juni 2020
Kementerian Kesehatan. 2019. Negara yang terjangkit Covid-19.
https://covid19.kemkes.go.id/category/situasi-infeksi-emerging/info-corona
-virus/#.Xvcz5zAzbcs. Diakses pada 27 Juni 2020.
Pane, Sitorus. 2015. Peranan Olahraga dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal
Pengabdian Masyarakat Vol. 21 Nomor 79 Tahun XXI Maret 2015
Rahman, Abdul. 2008. Pengaruh Tes Formatif dan Kemandirian Belajar
Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan
Evaluasi Pendidikan, Nomor 2, Tahun XII, 2008
Roida, Pakpahan., dan Yuni Fitriani. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi
Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus
Corona Covid-19. Universitas Bina Sarana Informatika.
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif,
Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. hlm 128.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta, CV
Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
(PAN & RB) Nomor 50/2020 tentang Perubahan Kedua atas Surat Edaran
Menteri PAN & RB Nomor 19/2020.
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan
Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)
Susilo. Adityo, dkk. 2020. Corona Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini.
Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. Vol. 7 No. 1