PENGEMBANGAN MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POLA GERAK ANAK USIA TK/PAUD

Penulis

  • Yusmawati Yusmawati Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Keolahragaan Univesitas Negeri Jakarta

Abstrak

ABSTRACT

Pada anak usia Taman kanak-kanak di Indonesia, materi pendidikan jasmani dan olahraga masih belum cukup tersedia, aktifitas jasmani anak lebih terfokus pada gerak kasar dan halus. Sejalan dengan hal tersebut, perhatian dalam kurikulum mengenai pengenalan pendidikan gerakan jamani dan olahraga pada anak usia TK/PAUD masih sangat kurang. Ini terlihat di dalam conten pengajaran Taman kanak-kanak hanya memfasilitasi anak bermain. Tidak demikian halnya dalam memfasilitasi anak usia TK/PAUD akan belajar gerak yang mengarah kepada pendidikan gerak jasmani, apalagi dalam memperkenalkan cabang-cabang olahraga melalui pendidikan jasmani dalam konteks bermain. Padahal dampaknya adalah akan lebih banyak anak dapat menunjukkan bakat yang dimiliki hingga terlihat bakat-bakat mereka lebih awal dalam mengenal gerakan pada   olahraga. Pada tingkat dunia, prestasi olahraga Indonesia   masih tertinggal jauh, diduga salah satu penyebabnya antara lain adalah minimnya pengetahuan permainan mengarah pada cabang-cabang olahraga yang diajarkan sejak mulai dari usia TK/PAUD di sekolah. Kebutuhan yang beragam akan model sebagai media dalam proses pendidikan, sehubungan dengan kurikulum yang berlangsung. Untuk itu ingin mengetahui pelaksanaan  kegiatan belajar pada usia dini atau TK/PAUD  di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini termasuk dalam penelitian  evaluasi.  Ruang lingkup penelitian pada  pelaksanaan pembelajaran anak TK/PAUD di TK/PAUD dengan menggunakan acuan kurikulum yang berlaku. Subjek  penelitian dilakukan pada tiga puluh sekolah TK/PAUD  di Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan skala Guttman/dikotomi dan menggunakan skala Likert. Secara keseluruhan persentase  pelaksanaan pembelajaran untuk anak usia TK/PAUD  di Jakarta Timur baik sekali. Dengan rincian dimensi tujuan mendapat 98,2%, dimensi isi mendapat 99,3%, dimensi metode mendapat 99,3% dan dimensi evaluasi mendapat 98,3% atau baik.  Produk dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang disesuaikan dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran   gerak kasar Anak usia TK/PAUD Dasar yang telah diuji coba.

 

Kata kunci:  Evaluasi kegiatan pembelajaran TK/PAUD

Referensi

Arikunto, Suharsimi. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Hamalik, Oemar. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Hasan, Hamid. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Holden J. Debra & Marc Zimmerman, Marc. A Practical Guide To Program Evaluation Planning. California: Sage Publications, 2009.

Mu’arifin. Dasar-dasar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Malang: UM Press, 2009.

Samsudin. Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2013. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2013.

Sukmadinata, Nana S. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Tangkudung, James. Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas Jaya, 2006.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3, ayat 1.

Widoyoko, Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Winarno. Metodologi dalam Penelitian Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Press, 2011.

Winarno, Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Center For Human Capacity Development, 2004.

Wirawan. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Depok: Rajagrafindo Persada, 2012.

Diterbitkan

2019-03-03