UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING UNDER BASKET DENGAN METODE TUGAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TIGARAKSA

Penulis

  • Chrisendi Pangestu Universitas Negeri Jakarta
  • Yusmawati Yusmawati Universitas Negeri Jakarta
  • Mustafa Masyhur Universitas Negeri Jakarta

Abstrak

ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan atau meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menembak basket. Penelitian dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Tigaraksa dari Oktober hingga November 2018. Penelitian berlangsung dalam dua siklus dengan 4 x pertemuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kriteria ketuntasan minimum (KKM) Penjasorkes adalah nilai 70. Peningkatan penembakan di bawah bola basket terlihat ketika tes akhir dilakukan setiap siklus. Pada siklus 1, siswa yang menyelesaikan KKM adalah 65% dan pada siklus 2 siswa dinyatakan selesai pada 82%. Ini berarti bahwa ada peningkatan penembakan di bawah bola basket melalui metode tugas.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Shooting Under Basket, dan Metode Tugas

Referensi

Samsudin. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, SMA/MA edisi Pertama. Jakarta: Litera, 2008

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014

Roestiyah N K. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Menagajar. Jakarta: Aksara, 2000.

Matakupan, J. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Dinas P dan K DKI Jakarta, 1992.

Nasution. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Giannini, John. Court sense_winning basketball’s mental game. Human Kinetics, 2009

Hal Wissel, Bola Basket Dilengkapi dengan Program Pemahiran dan Tehnik. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2000

PERBASI, Bidang III. Peraturan Resmi Permainan Bola Basket 2004. Jakarta: PB. PERBASI, 2005.

Widiastuti, Belajar Motorik. Jakarta: FIK UNJ, 2003

Sujana, Nana. CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: jemer, 2000

Diterbitkan

2019-03-02