MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstrak
ABSTRAK
Profesionalisme merupakan Performance quality dan sekaligus sebagai tuntutan perilaku profesional dalam melaksanakan tugasnya. Profesionalisme Guru adalah pekerja yang memiliki profesi dan bertanggung jawab penuh, berdedikasi tinggi terhadap perkerjaan, oleh karena itu harus menjunjung Profesionalisme seorang guru. Teknologi Revolusi Industri 4.0. Pada Era ini dimulai dan ditandai dengan kemunculan adanya suatu eksperimen seperti, Super Komputer, Robotic Pintar, Editing Genetik, Kendaraan tanpa Pengemudi, serta terjadinya perkembangan neuro teknologi. Peran pendidikan menjadi sangat penting untuk menghasilkan Guru yang Profesionalisme yang mempunya skill, sumber daya manusia yang mempunyai kualitas yang mampu bersaing dengan negara lain. Dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0 ini. Masih banyak hambatan bahwa tidak terpenuhinya semua sumber daya manusia yang berkualitas, yang mampu menyesuaikan dengan tantangan zaman dalam memenuhi kebutuhan revolusi industri 4.0.
Kata Kunci: Profesionalisme, Guru, Revolusi Industri 4.0
Referensi
Ahmad, S., Kristiawan, M., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Iqra (Educational Journal), 2(2), 403- 432. Asmani, Jamal Ma’mur (2011). Buku
Barlian, I. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi. Jakarta:Erlangga.
Djamarah, S.B., 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru Surabaya Usahan Nasional.
Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Drs.Hamdani, M. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Fahrudin, A. (2014). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: Rafika Aditama.
Echols, J. M., & Shadily, H. (2007). Kamus Indonesia Inggris. Jakarta: Gramedia.
Hadi, S. (2002). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi.
Mantja, W. 2007. Profe (Ki Sugeng Subagya. Praktisi Pendidikan dan Kebudayaan.
Mantra, I. B., & Kastro. (1989). “Penentuan Sampelâ€. Masri Singa rimbun dan Sofian Effendi. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.
(Ki Sugeng Subagya. Praktisi Pendidikan dan Kebudayaan. Artikel ini dimuat Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat, Jumat 9 Maret 2018).
Nasionalisasi Tenaga Kependidikan: manajemen pendidikan dan supervisi pengajaran. Malang: Elang Mas.
Kristiawan. (2015, Juni). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang Pandai dan Beraklak Mulia. Volume 18.
Kristiawan, M. (2018). INOVASI PENDIDIKAN. Palembang: wade group.
Kadir. (2016). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Kisbiyanto. (2011). Manajemen Pendidikan: Pendekatan Teoritik & Praktik.Yogyakarta: Idea Press.
Purwadarmintly, W.J.S., 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Purwanto, M.N. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Supriyadi, D. 1999. Menggangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Syamsudin, A. 2006. Profesi Keguruan. Jakarta: UT Rosdakarya.
Sardiman, 2001 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali.
Thoha, M. 2002. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Undang-undang No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta : Depdiknas
Usman. U.M, 2004.Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoretik, dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yukl, G.A,. 1998. Kepemimpinan dalam Organisasi. Alih Bahasa Yusuf Udaya. Jakarta: Prenhallindo.
Wirawan, 2003. Kapita Selecta Teori Kepemimpinan: Pengantar Untuk Praktek dan Penelitian. Jakarta. Yayasan Bangsa Indonesia dan Uhamka Press.
Margono, S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rusmaini. 2011. Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press.
Suharsimi, Arikunto, 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Stone, Randi. 2013. Cara-cara Terbaik Untuk Mengajar Reading. Jakarta: Indeks.