MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA BIDANG STUDY PJOK MELALUI METODE KOOPERATIF LEARNING TOGETHER DI SDN 21 TANJUNG BONAIKECAMATAN LINTAU BUO UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018
Abstrak
ABSTRAK
Model pembelajaran selama ini kurang efektif sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa rendah. Untuk dapat memperbaiki itu guru menggunakan metode Kooperatif Model Learning Together yang membuat siswa bisa belajar dan kesempatan belajar siswa lebih banyak.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembaran observasi, hasil tes siswa. Sumber data penelitian ini adalah guru pembelajaran Pendidikan Jasmani. Data yang diperoleh dari subjek yang diteliti yakni siswa kelas V di SDN 21 Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara Pelajaran 2017/2018 berserta teman sejawat sebagai observer.Hasil Penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Model Learning Together dapat meningkatkan Minat siswa pada Pendidikan Jasmani siswa dengan ketuntasan psikomotor siswa Siklus I adalah 65%. Pada ranah kognitif ketuntasan siswa 75% sedangkan nilai guru pada cara mengajar terlaksana 83% dan siswa aktif sebesar 77%. Setelah diadakan refleksi hasil belajar siswa meningkat dengan nilai ketuntasan siswa pada ranah psikomotor siklus II adalah 95%, pada ranah kognitif ketuntasan siswa 90% sedangkan nilai guru cara mengajar guru meningkat 94,5% dan siswa aktif sebesar 95%. Dari analisis penelitian dapat disimpulkan dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Model Learning Togetherdapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani pada materi senam ritmik siswa di kelas V SDN 21 Tanjung Bonai kecamatan Lintau Buo Utara.
Â
Kata kunci: Kooperatif Learning together, Minat siswa
Referensi
Felder, Richard M. 1994. Cooperative Learning in Technical Corse, (online), (PclldMy % DocumentCoop % 20 Report.
Hadi, Sutrisno. 1981. Metodogi Research. Yayasan Penerbitan FakuLearning Togetheras Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hudoyo, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar PJOK. Malang: IKIP Malang.
KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.
Margono, S. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.
Mursell, James ( - ). Succesfull Teaching (terjemahan). Bandung: Jemmars.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Purwanto, N. 1988. Prinsip-prinsip dan Teknis Evaluasi Pengajaran. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.
Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, Dwi. 2001. Studi Tentang Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kinerja Guru PJOK. Malang: Program Sarjana Universitas Negeri Malang.
Wetherington. H.C. and W.H. WaLearning Together. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. (terjemahan) Bandung: Jemmars.