KETERAMPILAN LOMPAT JAUH (Studi Ekperimen tentang gaya Mengajar dan Kemampuan Motorik Pada pada Mahasiswa Program Studi POR Universitas PGRI Palembang)

Penulis

  • Putri Cicilia Kristina Universitas PGRI Palembang

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan gaya mengajar yang efektif terhadap keterampilan lompat jauh dilihat dari kemampuan motorik. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Factorial 2x3 sampel terdiri dari 60 mahasiswa.tehnik analisis data menggunakan ANOVA dua Jalur  Penelitian dilaksanakan di Universitas PGRI Palembang dengan sampel mahasiswa Prodi Pendidikan Olahraga.  Hasil Penelitian Disimpulkan Bahwa : (1) Terdapat Perbedaan antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar resiprokal  (2) Terdapat Perbedaan antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar Inklusi (3)  Terdapat Perbedaan antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar Inklusi  (4)  Terdapat interaksi antara gaya mengajar dan kemampuan motorik (5)  Keterampilan lompat jauh mahasiswa yang menggunakan gaya mengajar latihan lebih tinggi dari pada  mahasiswa yang menggunakan gaya mengajar resiprokal yang memiliki kemampuan motorik tinggi (6) Keterampilan lompat jauh mahasiswa yang menggunakan gaya mengajar latihan lebih baik dari pada mahasiswa yang menggunakan gaya mengajar Inklusi kelompok kemampuan motorik tinggi. (7) Keterampilan lompat jauh mahasiswa yang menggunakan gaya mengajar Inklusi lebih baik dari gaya mengajar resiprokal kelompok kemampuan motorik tinggi.(8) Keterampilan lompat jauh mahasiswa yang menggunakan gaya mengajar resiprokal lebih baik dari mahasiswa yang menggunakan gaya mengajar latihan kelompok kemampuan motorik rendah (9) keterampilan lompat jauh mahasiswa yang menggunakan gaya mengajar Inklusi lebih baik dari pada mahasiswa yang menggunakan gaya mengajar latihan kemampuan motorik rendah  (10) Keterampilan lompat jauh mahasiswa yang menggunakan gaya mengajar resiprokal lebih tinggi dari pada mahasiswa yang menggunakan gaya mengajar Inklusi kemampuan motorik rendah.

 

Kata Kunci: Gaya Mengajar, Kemampuan Motorik, Keterampilan Lompat jauh

 

Referensi

Ahmadi. 2005. Abu dan TriJoko. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pusaka

Setia

Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif,(Jakarta:

RajaGrafindo Persada

Gallahue & Ozmun. 2008. Understanding Motor Development Infants, Children,

adolecents, adult, New York: McGraw Hill.

Tangkudung James, Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga

Edisi II, Jakarta : Cerdas jaya, 2012

Kirnkendall Din R, Gruber & Johnson, Measurement and Evaluation for

physical Education(IOWA : Brown Company Publishers, 2008)

Moston Muska & Asworth Sarah. 2008. Teaching Physical Education, Finlandia:

Departemen Physical Education

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran, Jakarta:Grafindo Persada.

Schmidt Richard A. 2009. MotorLearning & Performance From Principles to

Practise (Champaign, Illinois : Human kinetics Publishers, Inc)

Zumerchk Jhon. 2007. Encyclopedia Sport Science,New York:Simon and Schuster Macmillan.

Diterbitkan

2019-03-02