PERSEPSI SISWA KELAS VIII TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 5 PEKANBARU
Abstrak
ABSTRAK
Dalam hal ini penulis ingin mengungkapakn sebagian kecil dari persepsi siswa terhadap proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII di SMP Negri 5 Pekanbaru. Penelitian ini, merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negri 5 Pekanbaru. Sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah 128 orang siswa/wi dari 363 orang siswa/wi dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini bahwa faktor membuka pelajaran sebesar 87,27%, mengabsen siswa 81, 95%, motivasi siswa 78, 71%, ingatan siswa dengan materi lalu 57,61%, kesiapan siswa menerima materi baru 70,81%, kegiatan inti 77,22%, dan penutup 66,74%. Setelah dilakukan penelitian secara langsung dilapangan maka terlihatlah sebuah hasil yang cukup memuaskan dimana siswa mempunyai persepsi yang baik terhadap proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan itu sendiri. Maka dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah masuk kedalam kategori baik.
Â
Kata kunci: Persepsi siswa, proses pembelajaran, pelajaran Olahraga
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Budi ningsih, C. ASri, 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono, 2013.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar mengajar. Jakarta: BumiAksara.
Rahman, Abdul. 2004. Psikologi. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.
Rosdiani, Dini. 2013. Perencanaan Pembelaran Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta
Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.
Sudjana, Nana. 2013. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sudijono, Aanas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Suryabrata, Sumadi. 2014. Metode Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada
Sutikno, M. Sobry. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Undang-Undang PendidikanRepublik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999, 2004: 79.
Hakim, Nursal. 2006. Evaluasi Hasil Pembelajaran. Jakarta: Cendikia Insani