PENINGKATAN HASIL BELAJAR PUKULAN SWING SOFTBALL MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DAN MODIFIKASI ALAT
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pukulanswing softball pada siswa SMA S Al-Washliyah 3 Medan Tahun Ajaran 2018-2019.Dengan jumlah subyek 28 orang, terdiri dari 14 orang putra dan 14 orang putri. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. memaparkan apa saja yang terjadi ketika perlakuan diberikan, dan memaparkan seluruh proses sejak awal pemberian perlakuan sampai dengan dampak dari perlakuan tersebut. Hasil penelitian yang dilakukan pada Tahap Tindakan Siklus I maka siswa yang tuntas 12 orang (42,85%) dan siswa yang belum tuntas 16 orang (57,14%) belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya di Siklus II siswa yang tuntas 24 orang (85,71%) dan siswa yang belum tuntas 4 orang (14,28%). Nilai rata- rata hasil belajar siswa pada data awal adalah (66,32) (tuntas), pada test siklus I nilai rata- rata hasil belajar siswa meningkat menjadi (75,39) (tuntas), pada pelaksanaan test siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa telah mencapai (85,14) (tuntas). Persentase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 35%, pada test siklus I meningkat menjadi 42,8%, dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 85,71%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal hingga test siklus I yaitu 12 dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test siklus I hingga test siklus II yaitu 7,8% dan peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklus I adalah 42,85% dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 85,71%. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat dapat memberikan peningkatan hasil belajar pukulan swing softball melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat pada siswa kelas XI IPA SMA S Al-Washliyah 3 Medan.
Referensi
Arikunto, suharsimi (2015). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PT. Bumi Aksara Jl. Rawo Raya No 18 Jakarta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan Penyusunan Kuri- kulumTingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas. (2006). Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdyakarya Bandung
Rahayu, Tandiyo (2008). Mengenal Permainan Softball
Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Jakarta.Litera.
Saputera, Iwan. (2015) Modifikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Sukadiyanto. (2005). Kajian Artikel: Keterampilan Mahasiswa Dalam Memukul Pada Olahraga Sotball. Jurnal Olahraga Majalah Ilmiah, volume 11, Nomor 1, April (2005).. Hal 117-130.
Usman, Moh. Uzer. (2008) Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdyakarya Bandung