SURVEI PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN TANJUNG LUBUK SELAMA MASSA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksaksanaan kegiatan ekstrakurikuler bola voli di S SMA Negeri 1 Kecamatan Tanjung Lubuk selama massa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa ekstrakurikuler bola voli. Sampel penelitian berjumlah 26 ornag siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan analisis data menggunakan analisis persentase. Berdasarkan analisis data penelitian yang telah diuraikan, adapun hasil penelitian ini disimpulkan bawah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler ditinjau dari aspek peserta siswa sebesar 86,64% kategori sangat baik, aspek latihan siswa sebesar 78,07% kategori baik, aspek pendanaan sebesar 83,26% kategori baik, dan aspek sarpras 67,3% cukup baik. Proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk selama pandemi covid-19 adalah baik karena persentase hasil mencapai 79,23%.Referensi
Achmad, I. Z. (2016). Hubungan Power Tungkai, Koordinasi Mata-Tangan dan
Rasa Percaya Diri dengan Hasil Keterampilan Open Spike Bola Voli (Vol.
Vol 4). Universitas Singa Perbangsa Karawang.
Adawiah, N. Y., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler
dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa. Jurnal
Pendidikan Kewarganegaraan , VOl 6, 963-970.
Adiatmoko, G. (2015). Survei Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga
Renang di SD Negeri se Kecamatan Pemalang. Semarang: Universitas
Negeri Semarang.
Aisyiyawati, F. N. (2012). Faktor yang Mempengaruhi Siswa Mengikuti
Ekstrakurikuler Bola Voli. Yogyakarta: Skripsi: Universitas Negeri
Yogyakarta.
Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Sosial
dan Budaya Syar-i , Vol 7 No 5.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Atmasubrata. (2012). Buku Pintar Berolahraga. Bandung: Alfabeta.
Barbara. (2004). Bermain Bola Voli. Jakarta: Bangun Pers Indonesia.
Kurniawan, F., & Karyono, T. H. (2014). Ekstrakurikuler Sebagai Wahana
Pembentukan Karakter Siswa. Semornas , Vol 1, 1-17.
Pralita, E. (2015). Faktor yang Mempengaruhi Siswa dalam Mengikuti
Ekstrakurikuler. Skripsi Jurusan Teknologi Jasa .
Prastyo, H. (2014). Survei Pelaksanaan Kegiatan Esktrakurikuler Olahraga pada
Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngargoyoso. Journal of Physical
Education, SPort, Health and Recreation , Vol 3 No 9.
Purwanto, A., & Pramono, R. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi
Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.
EduPsyCouns Journal , Vol 2 No 1.
Rihatno, T., & Gunawan. (2018). Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola
Voli Melalui Media Pembelajaran Bola Modifikasi. Gladi Jurnal Ilmu
Keolahragaan .
Sugiyono. (2015). Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susilo, A., & Rumende, C. M. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan
Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia , Vol 7 No 1.