SURVEI PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN TANJUNG LUBUK SELAMA MASSA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Ibrahim Gandi Universitas PGRI Palembang

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksaksanaan kegiatan ekstrakurikuler bola voli di S SMA Negeri 1 Kecamatan Tanjung Lubuk selama massa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa ekstrakurikuler bola voli. Sampel penelitian berjumlah 26 ornag siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan analisis data menggunakan analisis persentase. Berdasarkan analisis data penelitian yang telah diuraikan, adapun hasil penelitian ini disimpulkan bawah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler ditinjau dari aspek peserta siswa sebesar 86,64% kategori sangat baik, aspek latihan siswa sebesar 78,07% kategori baik, aspek pendanaan sebesar 83,26% kategori baik, dan aspek sarpras 67,3% cukup baik. Proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk selama pandemi covid-19 adalah baik karena persentase hasil mencapai 79,23%.

Referensi

Achmad, I. Z. (2016). Hubungan Power Tungkai, Koordinasi Mata-Tangan dan

Rasa Percaya Diri dengan Hasil Keterampilan Open Spike Bola Voli (Vol.

Vol 4). Universitas Singa Perbangsa Karawang.

Adawiah, N. Y., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler

dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa. Jurnal

Pendidikan Kewarganegaraan , VOl 6, 963-970.

Adiatmoko, G. (2015). Survei Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga

Renang di SD Negeri se Kecamatan Pemalang. Semarang: Universitas

Negeri Semarang.

Aisyiyawati, F. N. (2012). Faktor yang Mempengaruhi Siswa Mengikuti

Ekstrakurikuler Bola Voli. Yogyakarta: Skripsi: Universitas Negeri

Yogyakarta.

Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Sosial

dan Budaya Syar-i , Vol 7 No 5.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Atmasubrata. (2012). Buku Pintar Berolahraga. Bandung: Alfabeta.

Barbara. (2004). Bermain Bola Voli. Jakarta: Bangun Pers Indonesia.

Kurniawan, F., & Karyono, T. H. (2014). Ekstrakurikuler Sebagai Wahana

Pembentukan Karakter Siswa. Semornas , Vol 1, 1-17.

Pralita, E. (2015). Faktor yang Mempengaruhi Siswa dalam Mengikuti

Ekstrakurikuler. Skripsi Jurusan Teknologi Jasa .

Prastyo, H. (2014). Survei Pelaksanaan Kegiatan Esktrakurikuler Olahraga pada

Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngargoyoso. Journal of Physical

Education, SPort, Health and Recreation , Vol 3 No 9.

Purwanto, A., & Pramono, R. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi

Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.

EduPsyCouns Journal , Vol 2 No 1.

Rihatno, T., & Gunawan. (2018). Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola

Voli Melalui Media Pembelajaran Bola Modifikasi. Gladi Jurnal Ilmu

Keolahragaan .

Sugiyono. (2015). Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susilo, A., & Rumende, C. M. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan

Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia , Vol 7 No 1.

Diterbitkan

2021-08-07