PENGEMBANGAN KURIKULUM OBESITAS USIA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Eka Fitri Universitas Negeri Jakarta
  • Novita Sari Universitas Negeri Jakarta

Abstrak

ABSTRAK

Pengembangan kurikuluk obesitas usia sekolah dasar merupakan usaha yang dilakukan bersama antara orang tua, sekolah dalam hal ini guru pendidikan jasmani dan anak dalam rangka membantu mengurangi masalah obesitas, kegiatan dilakukan melalui modifikasi diet, aktifitas fisik dan perubahan perilaku yang dilakukan secara simultan. Pengembangan Kurikulum obesitas di buat sedemikian sederhana, kreatif, aktif dan menyenangkan yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan di sekolah dan juga dapat dilakukan anak di rumah bersama orang tua, dengan demikian anak memiliki kegiatan positif yang jika dilakukan secara stimultan akan memberikan pemahaman dan pembiasaan yang baik bagi anak.

 

Kata Kunci: Obesitas, Anak Sekolah Dasar

Referensi

Brewer, Jo Ann. Early Childhood Education, United States, Pearson: 2007

Harsono, Latihan Kondisi Fisik, Jakarta, KONI Pusat:1993.

J Matakupan., Teori Bermain: Modul 1-6, Jakarta: Depdikbud, 1995

Mulyono,Abdurrahman., Diktat Pengembangan Kurikulum, Jakarta, PPS UNJ.

Moch Agus Krisno Budiyanto. Dasar-dasar Ilmu Gizi. Malang: UMM Press, 2001

Tangkudung, James., Kepelatihan Olahraga, Jakarta, Cerdas Jaya: 2006.

http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/22/komponen-komponen-kurikulum/

http://www.majalahfarmacia.com/rubrik/one_news.asp?IDNews=465

http://64.203.71.11/kompascetak/0410/29/humaniora/1353646.htm

http://www.info-sehat.com/content.php?s_sid=1579).

http://www.kidshealth.org/parent/general/body/overweight_obesity.html

http://www.mbs-sd.org/isi.php?id=70

http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=118#

Diterbitkan

2019-03-02