UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DALAM BELAJAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PESAN BERANTAI PADA ANAK KELAS VI SD NEGERI 02 RANTAU PANJANG KABUPATEN OGAN ILIR TAHUN AJARAN 2019/2020

Penulis

  • Marjuni Marjuni Guru SDN 02 Rantau Panjang
  • Bambang Hermansah Guru SDN 02 Rantau Panjang

Abstrak

Penelitian Ini Di Latar Belakangi Oleh Pengamatan Di SD Negeri 02
Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir Yaitu Kurangnya Kemampuan Kerjasama
Dalam Belajar Melalui Permainan Tradisional Pesan Berantai.Rumusan Masalah
Dalam Penelitian Ini “ Adakah Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama
Dalam Belajar Melalui Permainan Tradisional Pesan Berantai Pada Anak Kelas
VI SD 02 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan
Penelitian Ini Untuk Mengetahui Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama
Dalam Belajar Melalui Permainan Tradisional Pesan Berantai Pada Anak Kelas
Vi Sd Negeri 02 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Kelas .Dengan
Subjek Anak Didik SDN 02 Rantau Panjang Ynag Berjumlah 32 Anak. Metode
Yang Digunakan Adalah Metode Observasi Dan Dokumentasi. Penelitian
Mengenai Kemampuan Kerjasama Ini Telah Melalui Proses Validasi Instrumen
Guna Memperoleh Validitas Dan Reabilitas Instrumen Penelitian. Kegiatan
Observasi Awal Yang Mengawali Penelitian Ini Menghasilkan Data Bahwa Nilai
Rata-Rata Kemampuan Kerjasama Anak Baru Mencapai Nilai 60%. Tindakan
Dalam Penilaian Kemampuan Kerjasama Ini Dilakukan Dalam Tiga Pertemuan.
Berdasarkan Hasil Dari Pertemuan Ketiga, Nilai Rata-Rata Kemampuan Anak
Telah Mencapai Nilai 81%. Perkembangan Ini Telah Mencapai Indikator
Keberhasilan Dimana Penelitian Dikatakan Berhasil Apabila Telah Mencapai
Nilai 71%. Dengan Demikian, Penelitian Ini Dapat Dikatakan Berhasil.

Referensi

Anas Sudjono. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo.

Ariansyah. 2018. Permainan Keci (Pendektan Pembelajarann Motoric dalam

Pembelajaran Pendidikan Jasmani)l. Bogor: inspira

Johnson, David W dkk. (2010). Colaborative Learning (Strategi Pembelajaran

Untuk Sukses Bersama). (Terj. Ellen Gunawan dan Imam Nurmawan).

Bandung: Nusamedia.

Mulyani, Novi. 2016. Super Asyik Permainan Tradisional Anak

Indonesia.Yogyakarta: DIVA Press

Nur Asma. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.

Siagawati, dkk. (2007). Mengungkapkan Nilai-nilai dalam Permainan Tradisional

Gobak Sodor. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi.

Universitas Muhammadiyah Su2006). Permainan Anak Tradisional dan

Aktivitas Ritmik. Jakarta: Dikbud.

Diterbitkan

2020-06-28