UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PEMBELAJARAN INOVASI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 61 PRABUMULIH KECAMATAN RAMBANG KAPAK TENGAH

Penulis

  • Syahrial Syahrial Guru SDN 61 Prabumulih
  • Ilham Arvan Junaidi Universitas PGRI Palembang

Abstrak

Masalah Penelitian rendahnya hasil belajar passing bawah siswa SDN 61
Prabumulih. Tujuan Dalam Penelitian Ini Adalah untuk mengetahui hasil belajar
passing bawah siswa SDN 61 Prabumulih. Pengumpulan data yaitu dengan variasi
angket, wawancara, pengamatan atau observasi, tes, dan dokumentasi. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian
Ini Termasuk Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah
siswa kelas VI SD Negeri 61 Prabumulih Kecamatan Rambang Kapak Tengah
yang terdiri dari 22 orang murid diantaranya terdapat laki-laki berjumlah 13 orang
dan perempuan berjumlah 9 orang. Analisis Data Menggunakan Teknik Analisis
Statistik Deskriptif Dengan Presentase. Model pendekatan pembelajaran inovatif
(bermain dengan alat modifikasi) dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah
bola voli pada siswa kelas VI SD Negeri 61 Prabumulih Kecamatan Rambang
Kapak Tengah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan yang signifikan
antara tes awal, siklus 1 dan siklus 2. Pada tes awal persentase ketuntasan hanya
sebesar 45,45 % atau 10 siswa sudah mencapai nilai yang baik dan 12 siswa
belum tuntas. Pada siklus 1 jumlah siswa yang tuntas dalam melakukan passing
bawah bola voli meningkat menjadi 54,55 % atau sejumlah 12 siswa, sedangkan
10 siswa belum tuntas. Pada siklus 2 peningkatan terjadi mencapai 77,3 % atau 17
siswa telah tuntas dalam pembelajaran passing bawah bola voli, hanya ada 5 siswa
yang belum tuntas. Dari capaian pada siklus 2, peneliti menganggap penilitian ini
sudah cukup pada siklus 2 saja, karena secara keseluruhan siswa telah lebih dari
70 % mencapai kriteria tuntas atau telah mencapai KKM, sedangkan sisanya
beberapa siswa lagi perlu ditingkatkan lagi kemampuannya oleh guru Penjaskes di
sekolahnya pada pembelajaran-pembelajaran berikutnya.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Proedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bahagia, Yoyo. 2011. Atletik. Universitas Terbuka: Jakarta.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran

Pendidikan Jasmani. Jakarta.

Sidik. Didik, Zafar. 2010. Gemar Atletik. Bandung: Alfabeta.

Gilang, Moh. 2007. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta:

Ganeca.

Hamalik. Oemar. 2001. Pendekatan Pembelajaran. Rodakarya. Jakarta.

Legowo. 2007. Atletik. Multicipta Pers. Bandung.

Diterbitkan

2020-06-28