TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS MTsN 3 KOTA PEKANBARU PROVINSI RIAU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani
siswa ekstrakurikuler bulutangkis MTsN 3 Kota Pekanbaru. Jenis “penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatifâ€. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah tes Tingkat Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) yaitu lari 50 meter,
angkat tubuh 60 detik, baring duduk 60 detik, loncat tegak dan lari 1000 meter.
Kemudian data diolah dengan statistik. Hasil analisa data dalam penelitian ini
diperoleh tingkat kesegaran jasmani siswa diklasifikasi baik dengan presentse 8%
sebanyak 1 orang, klasifikasi sedang dengan presntase 46% sebnyak 6 orang,
kelasifikasi kurang dengan presentasi 38% sebanyak 5 orang, dan kalsifikasi
kurang sekalai dengan presentase 8% sebanyak 1 orang. Setelah diolah data
dengan statistic maka tingkat kesegaran jasmani siswa ekstrakurikuler bulutangkis
MTsN 3 Kota Pekanbaru Provinsi Riau dengan nilai 12,85% terletak pada interval
10-13 dengan presentase 38% detelah dikonversikan maka terletak pada
klasifikasi kurang.
Referensi
Ambarukmi, D. H. (2007). Pelatihan Pelatih Fisik Level I. Jakarta: Bidang
Peningkatan dan IPTEK Olahraga KEMENPORA.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Arsil. (2010). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.
Nurhasan. (2001). Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani, Prinsip-prinsip
dan Penerapannya. Jakarta: Depdiknas.
Prasetio, E. (2017). Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indeks Massa Tubuh
Pada Siswa Smp Negeri 29 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Jasmani, 1(2).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Syarifuddin. (2011). Ilmu Kepelatihan Olahraga Teori dan Aplikasinya Dalam
Latihan. padang: UNP Press Padang.
Undang- undang RI No 3 Tahun 2005. Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.
Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.
Widiastuti. (2011). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Yanti, N. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka
Pengembangan Nilai-nilai karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara
Yang Baik Di SMA KOPRI BANJARMASIN. Jurnal Pendidikan
Kewarganegaraan,6 (11): 965.
Yulianti, M. (2017). Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswa Pendidikan Jasmani
Kesehatan Dan Rekreasi Tahun Akademik 2017/2018 Universitas Islam Riau.
Jurnal Sport area, 56.