UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN SEPAKBOLA MELALUI PEMBELAJARAN MENGGIRING BOLA BOLAK-BALIK PADA SISWA KELAS V.A SDN 48 PRABUMULIH TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Penulis

  • Suharni Suharni Guru SDN 48 Prabumulih

Abstrak

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah Melalui
Pembelajaran Menggiring Bola Bolak-Balik Dapat Meningkatkan Kemampuan
Bermain Sepakbola Pada Siswa Kelas V.a SDN 48 Prabumulih Tahun Pelajaran
2019-2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
kemampuan bermain sepakbola melalui pembelajaran menggiring bola bolakbalik
pada siswa kelas V SDN 48 Prabumulih tahun pelajaran 2019-2020. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas. Subjek penelitian berjumlah 59 orang. Teknik pengumpulan data
dilaksanakan dengan Observasi, Dokumentasi dan Tes Unjuk Kerja (Instrumen
Penelitian). Instrument penelitian adalah isntrument kemampuan menggiring bola.
Hasil Penelitian pengamatan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar pada
siklus I sebesar 43,33%, hal ini membuktikan bahwa tingkat antusias, perhatian
dan semangat belajar siswa masih terilihat rendah atau kurang. Hasil ketuntasan
belajar siswa pada siklus I belum mencapai kriteria yaitu 80% untuk hasil
ketuntasan belajar yang ditentukan guru, siswa yang tuntas hanya ada 8 orang
siswa dengan persentase 26,66% sedangkan siswa belum tuntas ada 22 orang
dengan persentase 73,33%. Hasil pembelajaran Pada siklus II, siswa yang tuntas
ada 26 orang, sedangkan yang belum tuntas ada 4 orang. Data hasil ketuntasan
belajar siswa siklus I hanya mencapai 26,66% sedangkan pada siklus II mencapai
86,66%, ini menunjukkan peningkatan sebesar 80%. Hasil angket atau tingkat
respon siswa terhadap bermain sepakbola melalui pembelajaran teknik dasar
menggiring bola bolak-balik pada sepakbola menunjukkan hasil yang sangat baik,
diperoleh dengan jumlah rata-rata siswa 76,72%.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Proedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bahagia, Yoyo. 2011. Atletik. Universitas Terbuka: Jakarta.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran

Pendidikan Jasmani. Jakarta.

Sidik. Didik, Zafar. 2010. Gemar Atletik. Bandung: Alfabeta.

Gilang, Moh. 2007. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta:

Ganeca.

Hamalik. Oemar. 2001. Pendekatan Pembelajaran. Rodakarya. Jakarta.

Legowo. 2007. Atletik. Multicipta Pers. Bandung.

Diterbitkan

2020-06-28