TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN 24 INDRALAYA TAHUN 2020 KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR

Penulis

  • Titis Hairani Guru SDN 24 Indralaya
  • Mutiara Fajar UPGRI Palembang
  • M. Taheri Akhbar UPGRI Palembang

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya tingkat kesegaran
jasmani siswa kelas V SDN 24 Indralaya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa kelas V SDN 24 Indralaya.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan data
menggunakan TKJI (Tes Kesegaran Jasmani Indonesia) edisi revisi tahun 2010
untuk anak umur 10 – 12 tahun.Subyek yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Siswa Kelas V SDN 24 Indralaya, yang berjumlah 24 siswa. Analisis data
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan presentase. Hasil
pengukuran tingkat kesegaran jasmani siswa kelas V SDN 24 Indralaya
didapatkan hasil sebagai berikut: pada kategori “kurang sekali “ dengan
presentase sebesar 00.00% (0 siswa), kategori “kurang†presentasi sebesar
12.50% ( 3 siswa ), kategori “sedang“ presentase sebesar 58,50% (14 siswa),
kategori “baik†presentase sebesar 29.00% (7 siswa), dan kategori “baik
sekali“ dengan presentase sebesar 00.00% ( 0 siswa). Dari hasil analisis tersebut,
dapat disimpulkan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas V SDN 24 Indralaya
berada pada kategori “sedangâ€.

Referensi

Arsil. Tes Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga: FKIP

Universitas PGRI, 2008.

Dinata, Marta. "Senam Aerobik dan Peningkatan Kesegaran Jasmani." Cerdas

Jaya (2003).

Gusril. Perkembangan Motorik pada Anak-anak, Dirjen Olahraga Departemen

Pendidikan Nasional, 2004.

Sudjana, Tarsito. Metode Statistika. Edisi kelima. Bandung .1992.

Soenardi, Soemosasmito. Dasar, Proses dan efektifitas Belajar Mengajar. (1998).

UU RI No.3 tahun 2005 pasal 4 tentang system keolahragaan nasional.

Wahjoedi. Landasan Evaluasi Pendidikan Jasmani. Jakarta : PT. Raja Gravindo

Persada (2001).

Diterbitkan

2020-06-28