PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK MELALUI PERMAINAN ESTAPET PADA SISWA SD NEGERI MACANG SAKTI KECAMATAN SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Penulis

  • Tiara Noprianti Guru SDN Macan Sakti
  • Farizal Imansyah Dosen UPGRI Palembang
  • Endie Riyoko Dosen UPGRI Palembang

Abstrak

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada peningkatan hasil
belajar lari jarak pendek melalui permainan estapet pada siswa SD Negeri Macang
Sakti Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar lari jarak
pendek melalui permainan estapet pada siswa SD Negeri Macang Sakti
Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik
persentase. Subjek penelitian berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data
dilaksanakan dengan tes dan pengukuran. Instrument tes adalah isntrument tes
kemampuan lari jarak pendek 60 meter. Teknik analisis data penelitian
menggunakan deskripsi persentase. Penelitian ini memberikan kesimpulan hasil
observasi belajar lari jarak pendek melalui pendekatan permainan estapet pada
siswa kelas V SD Negeri Macang Sakti Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi
Banyuasin. dapat mengalami peningkatan sebesar 25% melalui data observasi.
Tuntas tes unjuk kerja terdapat peningkatan sebesar 40,47%.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran

Pendidikan Jasmani. Jakarta.

Lusianti, Septyaningsih. 2015. Pengaruh Pemberian Permainan Sebagai Bentuk

Pemanasan. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Malobulu, Syarifudin. 2011. Olahraga dan Pendidikan Jasmani. Jakarta:

Adadizya Jaya.

Soetopo.Sungkowo. 2012.Belajar dan Pembelajaran. Unsri Pers

Diterbitkan

2020-06-28