UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI MODIFIKASI PADA SISWA DAN SISWI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 04 RANTAU ALAI

Penulis

  • Syarkowi Syarkowi Guru SDN 04 Rantau Alai

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui teknik servis bawah bola voli
mini dapat ditingkatkan melalui modifikasi alat permainan bola voli pada siswa
dan siswi kelas V SD Negeri 04 Rantau Alai. Desain penelitian adalah observasi
dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas V SD Negeri 04 Rantau Alai yang berjumlah 40 siswa.
Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling, sehingga jumlah sampel
sebanyak 40 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik observasi penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa
sebanyak pada siklus 1 berada pada kategori kurang dengan presentase sebesar
(0%) (0 siswa), kategori baik presentase sebesar (60%) (15 siswa), kategori
sedang presentase sebesar (40%) (10 siswa) dan kategori baik sekali presentase
sebesar (0%) (0 siswa). Sedangkan pada siklus II berada pada kategori kurang
dengan presentase sebesar (0%) (0 siswa) kategori sedang presentase sebesar (0%)
(0 siswa), kategori “baik sekali†presentase sebesar (25%) (10 siswa), dan
kategori baik sekali dengan presentase (27%) (12 siswa). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa teknik servis bawah bola voli mini siswa kelas V SD Negeri
04 Rantau Alai dalam kategori sedang.

Referensi

Arikunto dan Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Praktik, Jakarta : PT.

Rineka Cipta.

Depdiknas. (2006). Permendiknas. No. 22 Tentang Tujuan Pendidikan Jasmani

Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jakarta : Depdiknas.

Gilang dan Muhamad. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Bandung:

Ganesca Exach.

Subroto dan Toto. (2001). Pendekatan keterampilan Taktis Dalam Pembelajaran

Bola Voli. Direktorat Jendral Olahraga. Depdiknas.

Diterbitkan

2020-06-28