PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 18 TANJUNG RAJA KECAMATAN TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR

Penulis

  • Nilawati Nilawati Guru SDN 18 Tanjung Raja)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Usaha
Kesehatan Sekolah di SD Negeri 18 Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja
Kabupaten Ogan Ilir. Banyaknya kelas yang ada di sekolah tersebut berjumlah 6
kelas dan 130 siswa. Berkaitan dengan hal itu, peneliti ingin mengetahui
bagaimana pelaksanaan UKS yang meliputi program TRIAS UKS dan Dokter
Kecil berjalan sesuai dengan buku pedoman pelaksanaan UKS di Sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian
kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah satu Guru Penjas
dan 6 orang siswa sebagai Dokter Kecil dilingkungan SD Negeri 18 Tanjung Raja.
Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara dan
dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
triangulasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dengan
langkah data reduction, data display, dan conclusion drawing (verification). Hasil
penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan UKS di SD Negeri 18 Tanjung Raja
dapat dikatakan berhasil dan mayoritas berjalan sesuai dengan buku panduan
pelaksanaan UKS yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar tahun 2014.Kegiatan UKS dilaksanakan
secara kurikuler dan ektrakurikuler, dengan bantuan dari Puskesmas dan komite
sekolah akan tetapi masih ada beberapa kegiatan dalam buku pedoman yang
belum terlaksana.

Referensi

Andi Prastowo. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar-ruz

Media.

Soenardjo, R.J. 2008. Usaha Kesehatan Sekolah. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah. Jakarta.

Djoned Sutatmo, dkk. 1979. Pengantar Kesehatan Sekolah. Jakarta: C.V. “Petra

Jayaâ€.

Drajad Martianto. 2015. Menjadikan UKS Sebagai Upaya Promosi Tumbuh

Kembang Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Kementrian Kesehatan RI, Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan

Anak. 2011. Pelatihan Dokter Kecil. Jakarta.

Pedoman Untuk Tenaga Kesehatan Usaha Kesehatan Sekolah Dasar,

sekolah menengah dan Pondok Pesantren. Jakarta.

Sonja Poernomo, Suharto dan Maidi Siswanto. 1978. Usaha Kesehatan Sekolah.

Jakarta:Depkes RI.

Sudarwan Danim. 2002. Menjadi Peniliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Algensindo.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktek.

Jakarta:Rineka Cipta.

Ghony, M. Djunaidi. 2012. Metodologi Penelitian Kualitattif. Yogyakarta: Ar-

Ruz Media.

Nusa Putra. 2011. Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi. Jakarta Barat: PT

Indeks Permata Putri Media.

Diterbitkan

2020-06-28