UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT MELALUI PENDEKATAN MODEL BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 11 SEMBAWA KECAMATAN SEMBAWA KABUPATEN BANYUSAIN III
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah†Bagaimana upaya pendekatan
model bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat pada siswa kelas V
Sekolah Dasar Negeri 11 Sembawa Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin
IIIâ€.Tujuan penelitian melihat upaya pendekatan model bermain dapat
meningkatkan hasil belajar lari cepat pada siswa kelas V. metode penelitian
merpakan metode tindakan atau metode pendekatan bemain. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode observasi dan metode tes. Teknik analisis data
menggunakan teknik persentase.Dari hasil penelitian di peroleh hasil mengalamin
peningkatan pada siklus I meningkat menjadi 60%, dan pada siklus II meningkat
lagi menjadi 88%. Kenaikan nilai sebelum penelitian ke siklus II sebesar 44%.
References
Andang. (2009). Pengertian Bermain. Diakses di http://sites.google.com
/a/apedukatif.co.cc/www/artikel diunduh pada tanggal 22 Desember 2009.
Asep. (2007). Pendekatan Pemelajaran ola Voli Mini. Jurnal IPTEK Olahraga
VOL.9 No.2 Mei-Agustus 2007, 134-153.
Devi (2008). Bermain dan Kreativitas Anak Usia Dini. Artikel Diakses di
http://deviarimariani.wordpress.com/2008/06/12/bermain-dankreativitasanak-
usia-dini/ diunduh pada tanggal 3 Maret 2020.
Didik. (2010). Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung: Rosdakarya.
Endang. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat Melalui Pendekatan
Bermain Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kota Banjarbaru.
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Banjarmasin pratiwiendang@uniska-bjm-ac-id , 1-4.
Hamzah. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Pendiikan dan Sosial (Kuantitatif dan
Kualitatif). Jakarta: Gp Press.
Mulyo (2012). Teori Bermian Menurut Ahli. Artikel. Diakses di
http://mulyoprayetno.blogspot.com/2012/02/teori-bermainmenurutahli.
html diunduh pada tanggal 3 Maret 2020
Mone. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat Melalui Penggunaan
Alat Bantu Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Cakranegara Tahun
Pelajaran 2016/2017. Guru Olaharaga SDN 2 Cakranegara Kota
Mataram VOL 2,No 2, 162-167.
Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Purwanto. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat Melalui Pendekatan
Permainan Sirkuit Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 3 Mojoagung
Kecamatan Karangayung Kabupaten Grobogan Pada Semester I tahun
Pelajaran 2016/1017 . SDN 3 Mojoagung Karangrayung, 102-107.
Trisnowati. (2007). Materi Pokok Pendidik jasmani dan kesehatan. jakarta:
universitas terbuka.