TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN. 9 BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN TAHUN 2020
Abstract
Kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan
aktivitasnya sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti sehingga
masih mempunyai cukup tenaga untuk aktivitas lainnya. Penelitian ini dilatar
belakangi belum adanya data tentang tingkat kesegaran jasmani siswa di Sekolah
Dasar Negeri 9 Banyuasin III. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana tingkat kesegaran jasmani sisiwa kelas V Sekolah dasar Negeri 9
Banyuasin III Kabupaten Banyuasin Tahun 2020. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptip kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 9 Banyuasin III yang berjumlah 32 siswa
yang terdiri dari 14 Laki-laki dan 18 Perempuan dan Sampel dalam penelitian ini
adalah seluruh sisiwa kelas V Sekolah Dasar Negeri 9 Banyuasin III. Metode
dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan pengukuran. Instrumen yang
digunakan untuk mengukur kesegaran jasmani menggunakan instrumen Tes TKJI
2010 yang terdiri dari 5 item tes yaitu tes lati 40 meter, gantung siku tekuk 30
detik, baring duduk 30 detik, loncat tegak, lari 600 meter. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa kelas V Sekolah Dasar
Negeri 9 Banyuasin III Kabupaten Banyuasin Tahun 2020 berada pada kategori
kurang sekali 1 siswa sedangkan kurang 20 siswa untuk kategori sedang 11 siswa,
sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa kelas V
SDN.9 Banyuasin III tahun 2020 sebagian besar masuk dalam kategori sedang.
References
Adriani, D. D. (2017). Metode Penelitian. Tanggerang Selatan: Universitas
Terbuka.
Daliman. (2015). Pengantar Filasapat Sejarah. Jogjakarta: Ombak.
Depdiknas. (2010). Tes Kesegaran Jasmani Indonesia. Jakarta: Departemen
Kesehatan.
Giri, W. (2016). Media Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta:
Laksitas.
Heryanto, N. d. (2015). Statistika Pendidikan. Tanggeran Selatan: Universitas
Terbuka.
Penyusun, T. (2019). Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: Universitas PGRI.
Aminarni, M. d. (2016). Penjasorkes. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Widiastuti. (2019). Tes dan Pengukuran Olahraga. Depok: PT. Raja Grafindo
Persada.
Sujiaono, b. D. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Tanggerang Selatan:
Universitas Terbuka.