UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK 60 METER MELALUI PERMAINAN HIJAU-HITAM SISWA KELAS V SD NEGERI 28 TANJUNG RAJA
Abstract
Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan seseorang sebagai
perorangan atau anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik
melalui berbagai kegiatan jasmani untuk memperoleh pertumbuhan jasmani,
kesehatan dan kesegaran jasmani, kemampuan dan keterampilan, kecerdasan dan
perkembangan watak serta kepribadian yang harmonis dalam rangka
pembentukan manusia Indonesia berkualitas berdasarkan Pancasila. Berdasarkan
hasil pengamatan dan dalam proses pembelajaran lari jarak pendek 60 Meter
yang dilakukan dalam kegiatan ini, peneliti berupaya meningkatkan proses
pembelarajaran dengan cara pendekatan permainn hijau- hitam dengan harapan
dapat mendorong siswa dan siswi untuk dapat meningkatkan hasil belajar.
Karakteristik siswa SD kelas V di SD Negeri 28 Tanjung Raja, merupakan siswa
yag masih sarat dengan aktivitas bermain, sehingga lebih tepat dan efektif maupun
efesien dalam pembelajaran. Permainan Hijau-Hitam adalah bentuk permainan
sederhana tanpa alat ataupun menggunakan alat yang dimainkan oleh regu yang
bertujuan untuk melatih kecepatan reaksi dalam berlari. Pada tes siklus satu
terdapat 20 orang siswa yang telah tuntas, dan belum tuntas sebanyak 6 (enam)
orang siswa, sedangkan di siklus dua terdapat 24 orang siswa yang telah tuntas,
dan belum tuntas terdapat 2 (dua) orang siswa. Terlihat adanya peningkatan yang
cukup baik dari hasil pembelajran siklus satu dan siklus dua. Berdasarkan hasil
nilai rata-rata, tuntas individu, dan tuntas klasikal pada siklus satu dan siklus dua,
maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa metode pembelajaran melalui
permainan hijau-hitam efektif untuk meningkatkan keterampilan teknik lari jarak
pendek 60 meter.
References
Asriansyah. 2018. Permainan Kecil. Buku Edisi: hal 179
Aswan Zain, Syaiful Bahri, Dan Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: PT. Rineke Cipta.
Azizah. 2006.https://m.cnnindonesia.com
Depdiknas. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakrta: Pusat
Kurikulum, Balitbang Depdiknas
Dimiyati, Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineke Cipta.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamzah. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi
Akasara.
Husdarta. 2011. Https://books.gogle.co.id. Diakses pada tanggal 25 januari 2020.
Pukul 16:15
Https://quebie.wordpress.com>Pengertian Jasmani Dan Olahraga. Diakses Pada
Tanggal 25 Januari 2020. Pukul 16:00
KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2007:20). Https://media.neliti.com.
Diakses Pada Tanggal 26 Januari 2020. Pukul 10: 20.
Muliadi, Abd kadir. 2017.Penerapan Permainan Hijau-Hitam Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar. https://id.scrib.com
Mulyanto, Adi. 2012. https://digilib.uns.ac.id
Riyanto, Bambang. 2010. Dasar – Dasar Pembelajaran Perusahaan, ed. 4, BPFEYOGYAKARTA
Roji. 2004. Pendidikan Jasmani Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
Rusman. 2013. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Sadirman, A.M. 2008. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Siti Wuyani, dan Djiwando. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Slamet. 2010. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Sohari, Sahrani DKK. 2008. Peran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali
Press.
Suryobroto, Sumandi. 2004. Belajar Dan Pembelajaran. Buku edisi hal: 4.
Tim Penyusun. 2020. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian Dan Skripsi Program
Studi Pendidikan Jasmani, Universitas PGRI Palembang.