OPTIMALISASI PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI MEDIA INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Puji Ayurachmawati Universitas PGRI Palembang, Palembang
  • Erika Agustina Universitas PGRI Palembang, Palembang
  • Anami Putri Universitas PGRI Palembang, Palembang

Abstrak

ABSTRACT

Advances in technology have positive and negative impacts in the world of education, including the value of student character. This study aims to find a picture of the character values controlled by elementary school students after being given interactive media. The research method used is descriptive qualitative conducted at 127 Public Elementary School in Palembang, South Sumatra. This research was conducted in grade IV elementary school, amounting to 34 students. Data collection is done by giving students learning activities with interactive media for six weeks. Interactive media used by the exemplary model of the prophet such as fairy tale animation, song composition, crafts and games through multimedia. The results showed that there were six pillars of character values that began to emerge, namely honesty, fairness, responsibility, respect, nationalism and care.

Biografi Penulis

Puji Ayurachmawati, Universitas PGRI Palembang, Palembang

PGSD Universitas PGRI Palembang

Erika Agustina, Universitas PGRI Palembang, Palembang

PGSD Universitas PGRI Palembang

Anami Putri, Universitas PGRI Palembang, Palembang

PGSD Universitas PGRI Palembang

Referensi

Astari, Jafrina Irma Ruta. 2018. Pengoptimalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kimia yang Efektif dan Efesien dengan Media Interaktif. Diakses dari : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&-ved=2ahUKEwi5yvCSj_rmAhVXdCsKHcfGDqMQFjAAegQIAxAC&url=http%3A%2F%2Fjournal2.um.ac.id. Jurnal Pembelajaran Kimia Vol 3 : hal 24-30 [10 Oktober 2019].

Kosasih ,N dan Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Kuncahyono. 2017. Integrasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik Melalui Media Berbasis Komputer Di Sekolah Dasar. Diakses dari : http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASGABUD. Prosiding SENASGABUD (Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan) Edisi 1 Tahun 2017 Halaman 88-94. [10 Oktober 2019].

Kusmiyati, Dewi. 2013. Nilai kejujuran dalam Prespektif Mahasiswa. Diakses dari : http://m.kompasiana.com/post/read/585242/2/nilai-kejujuran-dalam-prespektif-mahasis-wa.html. [17 Oktober 2013].

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Phillips, Rob. 1997. The Developer‟s Handbook to Interactive Multimedia. London: Kogan Page

Rohyati, D. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Interaktif dan Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Sukabumi 1 dan 6 Gugus 02 Tahun Pelajaran 2014/2015 Di Kota Probolinggo. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/download/1715/1387/. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 10 No 2 (2016) 184-202.[10 Oktober 2019].

Sadiman, A. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sunarto dan Hartono, B Agung. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tafsir. A. 2005. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widiastuti, A dan Wangid Nur Muhammad. 2015. Pengembangan Multimedia Lectora Pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Character Building Bagi Siswa Kelas IV SD. Diakses dari : https://media.neliti.com/media/publications/122282-ID-pengembangan-multimedia-lectora-pada-pem.pdf. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol 5 : hal 246. [10 Oktober 2019]

Diterbitkan

2019-12-07