PENGGUNAAN MS POWERPOINT BERBASIS ANIMASI TERHADAP MOTIVASI SISWA
Abstrak
ABSTRAK
Â
Media pembelajaran yang bervariasi dan inofatif pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga dapat meraih hasil belajar dan prestasi yang optimal. Media pembelajaran yang biasa seperti menjelaskan dan mencatat yang digunakan guru di sekolah adalah salah satu penyebab kurang optimalnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menemukan pengaruh penggunaan media Ms powerpoint berbasis animasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XA di MAN 2 Kota Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen, dengan jumlah populasi 25 orang, dalam penelitian ini mencangkup seluruh siswa MAN 2 Kota Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi, wawancara, dan observasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus uji T-tes. Hasil analisis diperoleh Nilai t hitung adalah 2,0195 dan t tabel 1,6828. Jika t hitung > t tabel maka hipotesis awal ditolak. Kesimpulannya, adanya pengaruh penggunaan media ms powerpoint berbasis animasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XA di MAN 2 Kota Padang.
Â
Kata Kunci : powerpoint, animasi, motivasi belajarReferensi
Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.
Darudiato, S., & Wibowo, K. I. (2013). Binusmaya sebagai Sumber Materi dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning. ComTech. Binus University, 4(2).
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejhtera.
Gumawang, A. (2011). Belajar Otodidak Word Excel PowerPoint 2010 plus internet. Bandung: Informatika.
Handoko. (2005). Motivasi: Daya penggerak Tingkah Laku. Jakarta: Erlangga.
Harini, A. W. (2011). Effektif dan Powerfull Presentation with Powerpoint. Yogyakarta: ANDI.
Harsadi, P. (2015). Bahan Ajar Kurikulum 2013. Surakarta: Sinar Nusantara.
Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Rutoto, S. (2007). Pengantar Metedologi Penelitian. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Setiawan, A. P., & Ulhaq, M. M. Z. (2018). Animation. Jakarta. Simulasi Digital.
Sugiyono. (2011a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011b). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.