UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA MELALUI PEMBERIAN TES KECIL PADA AKHIR PEMBELAJARAN (POST TEST) DI KELAS X TKPI B SMK NEGERI 3 PARIAMAN

Penulis

  • Lindawati Lindawati Guru SMKN 3 Pariaman

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui pemberian tes kecil pada akhir pembelajaran (post test) di kelas X TKPI B SMK Negeri 3 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan hipotesis tindakannya adalah Apakah pemberian tes kecil di akhir ( post test) proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas X TKPI B SMK Negeri 3 Pariaman. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 3 Pariaman dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X TKPI B yang berjumlah 37 orang, terdiri dari 37 siswa laki-laki data dikumpulkan melalui lembaran observasi yang digunakan untuk melihat perubahan aktivitas belajar dan post test dan ulangan harian berbentuk essay untuk melihat perubahan hasil belajar siswa dalam proses pembelajarn siklus I dan II. Hasil penelitian dari dua siklus menunjukan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang relevan dengan pembelajaran mengalami peningkatan sejak siklus I dan peningkatan ini berlanjut pada siklus II. Secara keseluruhan aktivitas yang relevan dengan pembelajran mempunyai rata-rata pada pertemuan 1 siklus 2 mencapai 77,48% (kategori baik), dan pada pertemuan ke-2 siklus 2, aktivitas meningkat menjadi 85,59% dan termasuk kategori baik sekali. Aktivitas negatife siswa yang tidak relevan dengan pembelajran juga mengalami penurunan yaitu secara keseluruhan aktivitas negatife pada siklus I mempunyai rata-rata 11,43% dan menurun menjadi 3,60% pada siklus II. Meningkatnya Aktivitas positif yang relevan dengan pembelajaran memicu peningkatan hasil belajar siswa. Secara umuk dapat dilihat  bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa mengalami peningktan yang sangat berarti sehingga melebihi nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu75. Siswa yang belum tuntas masih ada 4 siswa arau sebesar 10,81% dari 37 siswa, seedangkan siswa atau sebesar 89,19%. Bila dibandingkan pada pertemuan ke dua yaitu 89,19% , maka ketuntasan yang diperoleh siswa pada pertemuan ke dua yaitu 89,19%

Kata Kunci      : Tes Kecil, Seni Budaya, PTK

Referensi

Ahmad, abu. 1990. Teknik Belajar yang Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung. Bina Aksara.

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007. Model Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas.

Prayitno, Elida. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Dikti P2LPTK.

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Persada Media Grup.

Sadirman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Warnelis, Elly. 2001. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Pemberian Tugas Terbimbing di Kelas III IPA 2 SMUN PGRI Padang TP 2001/2002. Skripsi tidak diterbitkan padang: FMIPA UNP.

Diterbitkan

2019-12-07