UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR PADA KELOMPOK A DI TK HANDAYANI PALEMBANG
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal huruf pada anak TK Handayani Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu huruf bergambar pada kelompok A Di TK Handayani Palembang. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelompok A TK Handayani Palembang yang berjumlah 18 orang anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus, dimana siklus pertama 6 kali pertemuan dan siklus kedua 6 kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis didapatkan bahwa permainan kartu huruf bergambar mengalami peningkatan dari awal pratindakan (20%), siklus 1 sebesar(40%), siklus II sebesar 87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui media kartu huruf bergambar dapat me ningkatkan kemampuan mengenal huruf kelompok A Di TK Handayani Palembang.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.
Dieni, Nurbiana. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas terbuka.
Djamarah, Syaiful bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi BalajarMengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Eko. 2015. http://sinungkrd.blogspot.co.id/2015/04/karya-ilmiah-penggunaan-kartu-huruf.html.Diakses pada hari Senin 27Mei 2019. Pukul 21.15 wib
Eliyani. 2014. Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui
Cerita Bergambar. Palembang. Universitas terbuka.
Hasnida, (2015).Media Pembelajaran Kreatif Mendukung PengajaranPada Anak Usia Dini. Jakarta.PT Lukima Metro Media.
Heri Purwanto. 2015. Pengertian dan Definisi Membaca dan Menurut Para Ahlihttp://www.medrec07.com/2015/03/pengertian-dan-definisi-membaca.html. Diakses pada hari rabu.10 Januari 2018. Pukul 20.05 wib
Jeffry, Andi. 2013 Teori Media Pembelajaran Menurut Para Ahli. http://pakarkomunikasi.com/teori-media-pembelajaran menurut-para-ahli.Diakses pada hari senin. 15 Januari 2018 Pukul 21.45 wib
Munyati.2017 Menenal abjad Melalui Kartu Huruf Bergambar http://prioritaspendidikan.org/id/post/1194/mengenal-abjad-melalui-kartu-huruf-bergambar. Diakses hari rabu.10 Januari 2018. Pukul 21.45 wib
Mulyatiningsih,Endang.2012. Metode Penelitian Terapan, Bandung: Alfabeta.
Siti Jaenab. 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Didik TK Melalui Penerapan Media Gambar Dan Permainan Kartu Kata (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak
Kelompok B). Ciamis.
Sukardi.2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Soegeng Santoso, 2008. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta. Universitas terbuka
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta.
Tri Lestari Waraningsish. (2014).UpayaMeningkatkan KemampuanMengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di TK SulthonI Nganglik Sleman. Skripsi. Yogyakarta.Universitas Negeri Yogyakarta.
Zainal Akib, 2013. Model- model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung.Yrama Widya
Zaman, Hernawan, dan Eliyawati, 2009.Media dan Sumber Belajar TK. Universitas Terbuka