PENGARUH PERMAINAN BALOK ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK B DI TK KASIH IBU KECAMATAN PAMPANGAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh permainan balok angka terhadap kemampuan kognitif anak pada kelompok B di TK Kasih Ibu Kecamatan Pampangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, desain penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah treatment-pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh anak kelompok B di TK Kasih Ibu Kecamatan Pampangan yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi, untuk analisis data Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, dari analisis data hasil, prestest dan posttest perhitungan dengan uji-t dengan taraf signifikan 61.06 dan dk = 16=94,5 didapat nilai Dari data tersebut dapat diperoleh thitung = -8.397 dan -ttabel = -2.160, karena thitung < -ttabel = -   8.397< 2.160 uji-t diperoleh = 131.40 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, kegiatan balok angka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kognitif pada anak kelompok B di TK Kasih Ibu Kecamatan Pampangan.
Referensi
Abdullah, M. Husni. 2007. Pengaruh Permainan Balok Angka. (Surabaya).
Arikunto, Sukarmi. 2007. Persedur Penelitian Suatu Pendekatan Kuantitatif, dan R&D (Jakarta:Rineka Cipta).
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik, (jakarta:PT Rineka Cipta).
Arikunto, Sukarmi. 2014 Persedur Penelitian Suatu Pendekatan Kuantitatif, dan R&D (Jakarta:Rineka Cipta).
Darmadi. 2009. Asyiknya Belajar Sambil Bermain (Guepedia).
Desmita. 2015. Psikolgi Perkembangan. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya.
Fauziddin, Mohammad 2017. Pembelajaran PAUD. (Bandung).
Handayani. 2012. Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak, (Vol.5 No.23, 2012).
Handayani, (2012). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak (Vol.5 No.23, 2012) h.112
Kutha, Ratna Nyoman. 2010. Metodelogi Penelitian (Yogyakarta :Pustaka).
Margono S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Cipta.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian, Jakarta: Kencana.
Putra, Wikanda Satria. 2017. Permainan edukatif untuk Melatih Kecerdasan dan Kreatifitas Anak. (Jogjakarta).
Roesminingsih, Erny. 2012. Pengaruh Penggunaan Balok Angka (Surabaya).
Robbins. 2009. Kemampuan Kognitif Anak.
Sudrajat, Akhmat. 2010. Kemampuan Balok Angka.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuanttitatif Kualitatif dan R&D.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Metode Perkembagan Kognitif.
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kecana.
Syofian, Siregar. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Winda, sari Widiastuty. 2015. Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan kongnitif Anak. (Vol No10, 2015)
Yusdi, Milman. 2011. Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak.