HUBUNGAN PEMBERIAN REINFORCEMENT DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Pori Susanti Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Pendidikan Guru Madrsah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi yang peneliti temukan pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam terlihat bahwa pemberian reinforcement kurang dilakukan kepada peserta didik sehingga peserta didik malas untuk mengungkapkan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang gambaran pemberian reinforcement, gambaran hasil belajar IPA dan hubungan antara pemberian reinforcement dengan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 24 orang yang terdiri dari 11 Laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Pemberian reinforcement termasuk pada klasifikasi kurang baik, dengan rata-rata 94,67, terletak pada interval 84-94 frekuensi 6 dan persentase 25%, (2) Hasil belajar peserta didik termasuk pada klasifikasi tinggi, dengan rata-rata 67,42, terletak pada interval 58-75 frekuensi 6 dan persentase 25%, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian reinforcement dengan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada peserta didik kelas V sekolah dasar, pada pengujian diperoleh r hitung 0,419, n 24 dan r tabel sebesar 0,404. Dengan demikan guru harus dapat memberikan reinforcement dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alan dengan tujuan agar hasil belajar siswa dapat meningkat.

 

Kata Kunci : Reinforcement, Pembelajaran, IPA    

 

References

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : BSNP

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta :Kencana Prenada Media Group, Cetak. V

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.Jakarta : Kencana

Usman, Muhammad Uzer. 2011. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2019-12-07