Pembelajaran dengan Papercraft di PAUD Taman Sari

Authors

  • Padilah Padilah Universitas PGRI Palembang
  • Rahmah Novianti Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan
proses Implementasi Kegiatan Bermain Papercraf Dalam Meningkatkan Kemampuan
Motorik Halus Anak Usia Dini Di PAUD Taman Sari. Penelitian ini dilakukan pada anakkelas B yang berjumlah 17 orang dengan metode Kemmis dan Taggart yang terdiri dari4 tahap kegiatan yaitu (rencana, tindakan, observasi dan refleksi). Penelitian ini terdiridari 2 siklus masing-masing siklus sebanyak 8 pertemuan. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakankuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan deskripsi statistikuntuk membandingkan pra siklus sampai dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukkanterdapat peningkatan Motorik Halus melalui Permainan Papercraft dengan skor pada prasiklus 23,86 meningkat menjadi 35,63 pada siklus I, dan mengalami peningkatan sebesar46,98 pada siklus II dengan kategori berkembang sesuai harapan. Ini artinya berdasarkanteori Mills yang menyatakan bahwa kriteria keberhasilan tindakan adalah 71% darijumlah anak dapat dikatakan berhasil.


Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus,Bermain Papercraft

References

Fels, et. al. 2015. The Relationship Between motor Skill And Cognitive Skill In 4 – 6 Year Old Typically Development Children. Journal of Science and Medicine in Sport. November 2015, Volume 18, Issue 6.

Handini, Myrnawati Cri. 2012. Metodologi Penelitian Untuk PemulaI. Jakarta: FIP Press.

Janes, Susan Niner. 2006. Creative Craft You Can Do in a Day. North Light Books.

Juliys, et. al. 2016. Children’s Ability To Learn A Motor Skill Is Related To Handwriting And Reading Proficiency. Learning and Individual Defferences. October 2016, Volume 51.

Magill, Richard A. 2011. Motor Learning, Concepts And Application. Boston: Mc. Graw Hill.

Nurjannah, Dwi. 2018. Peningkatan Kemmapuan Motorik Halus Anak Kelompok A Melalui Kegiatan Bermain Papercraft. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, Volume 3, Nomor 1.

Papalia, Diana E, dkk. 2009. Human Development : Perkembangan Manusai Edisi ke 10. Jakarta: Salemba Humanika.

Saputra, Yosan Darma. 2013. Perancangan Visiualisasi Papercrfat Wayang Golek Jawa

Barat Sebagai Edukasi dan Entertaiment Untuk Anak-Anak. Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Maranatha.

Suggate, Sebastian, et.al. 2016. Relationship Between Playing Activities And Fine Motor Development. Early Child Development And Care, Volume 187, Isuuse 8.

Sujiono, Bambang, dkk. 2010. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdikbud. 2014. Permendikud No 137/2014 : Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: BSNP.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Uno, Hamzah dan Nina Lamatenggo. 2010. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Chrysta Vitasari Jasmine. 2018. Pengembangan Papercraft Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Alam Semesta Pada Anak Kelompok B Tk Kartika Iv-89 Bangkalan UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA.

Nurjannah, Dwi. 2018. Peningkatan Kemmapuan Motorik Halus Anak ,Kelompok A Melalui Kegiatan Bermain Papercraft. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, Volume 3, Nomor 1.

Sadiman, Arif S., dkk. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya Grafindo Persada Raja, Jakarta : PT. Persada.

Downloads

Published

2019-12-28