PENGARUH KEGIATAN BERMAIN TELEPON KALENG TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B (USIA 5-6 TAHUN) DI TK AN-NAJAH PALEMBANG
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kegiatan bermain yang diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Sehingga menjadi salah satu faktor penyebab lemahnya kemampuan sosial anak pada anak kelompok B (Usia 5-6 Tahun) di TK An-Najah Palembang. Padahal kita tahu bahwa bermain merupakan cara anak belajar, salah satu kegiatan bermain yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan sosial anak adalah kegiatan bermain telepon kaleng. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh kegiatan bermain telepon kaleng terhadap kemampuan sosial anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK An-Najah Palembang Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan menggunakan true experimental designs, dengan bentuk desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh anak kelompok B di TK An-Najah Palembang, pengambilan sampel dalam penelitian dengan cara Random, kemudian diperoleh sampel yaitu anak kelompok B1 TK An-Najah Palembang (usia 5-6 tahun). Data diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar chek-list yang disesuaikan dengan kisi-kisi instrumen yang telah dibuat serta dokumentasi berupa foto dan video. Teknik analisi data pada penelitian ini dengan menggunakan analisis uji-t dengan menguji prasyaratan uji normalitas dan uji homogenitas. Bedasarkan hasil penelitian menunjukan ada pengaruh kegiatan bermain telepon kaleng terhadap kemampuan sosial anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK An-Najah Palembang. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t taraf signifikan 0,05, maka diperoleh  = 13,60, jika dibandingkan dengan  ab 28= 2,048, maka  13,60  2,048, berarti ditolak Ho dan diterima Ha. Dengan demikian maka “ada pengaruh kegiatan bermain telepon kaleng terhadap kemampuan sosial anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK An-Najah Palembangâ€.
References
Ayu, Gresna. (2016). Perkembangan Anak Usia Dini. Surakarta: CV Mitra Banua Kreasindo
Andriana, Eva Nabila, dkk. (2016). Pengaruh Permainan Telepon Kaleng Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina 3 Kota Pekanbaru. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/11159. Diakses pada tanggal 13 Januari 2019, pukul 11.55 WIB
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aulina, Choirun Nisak. (2015). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. https://www.researchgate.net/publication/309471533_Pengaruh_Bermain_Peran_Terhadap_Kemampuan_Sosial_Anak_Usia_Dini. Diakses pada tanggal 13 Januari 2019 pukul 14.30 WIB
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Bermain Bagi AUD dan Alat Permainan yang Sesuai Usia Anak. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/bermain-bagi-aud-dan-alat-permainan-yang-sesuai-usia-anak-file.pdf. Diakses pada tanggal 10 Januari 2019, pukul 08.15 WIB
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya
Kurniati, Euis. (2016). Permainan Tradisional. Jakarta: Prenadamedia Group
Kustiawan, Usep. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Penerbit Gunung Samudera
Kusumawati, Mia. (2015). Penelitian Pendidikan Penjasorkes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan). Bandung: ALABETA, cv
L.N, Syamsu Yusuf dan Nani M. Sugandhi. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada
Munafiah, Nida’ul, dkk. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intellegences. Jawa Tengah: Penerbit Mangku Bumi
Na’im, Nur Bani. (2015). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng Di Tk Aisyiah Bustanul Athfal 44 Kecamatan Banyumanik-Kota Semarang. https://journal.unnes.ac.id./sju/index.php/belia. Diakses pada tanggal 10 Januari 2019 pukul 00.31 WIB.
Nur, Muh. (2016). Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Surakarta: CV Sanubari Pustaka
Perdani, Putri Admi. (2014). Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Melalui PermainanTradisional. https://media.neliti.com/media/publications/117972-ID-peningkatan-keterampilan-sosial-anak-mel.pdf. Diakses pada tanggal 10 Januari 2019, pukul 08.00 WIB
Perdani, Putri Admi. (2013). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Permainan Tradisional Pada Anak TK B. https://media.neliti.com/media/publications/116991-ID-peningkatan-keterampilan-sosial-melalui.pdf. Diakses pada tanggal 10 Januari 2019, pukul 10.00 WIB
Soefandi, Indra dan S. Ahmad Pramudya. (2014). Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta: Bee Media Pustaka
Subagyo, Pangestu. (2010). Statistika Terapan. Yogyakarta: BPFE
Sudjana. (2013). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sujiono, Nurani Yuliani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta Barat: PT Indeks
Surya, Hendra. (2009). Menjadi Manusia Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Suryani dan Hendriyadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara
Susanto, Ahmad. (2015). Bimbingan & Konseling Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Ulinuha, Zulfa. (2015). Penerapan Pembelajaran TPS dengan Media Telepon Kaleng Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Tema Peristiwa Alam Kelas 1 SDN Mojolangu 2 Malang. http://eprints.umm.ac.id/21579/. Diakses pada tanggal 13 Januari 2019, pukul 08.30 WIB
Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks
Wulansari, Betty Yulia dan Ambiro Puji Asmaroini. (2017). The development of Telepon Kaleng Game as a Media to Stimulate Linguistic Intellegence of Early Childhood. http://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/article/view/23-31/0. Diakses pada tanggal 13 Januari 2019, pukul 09.00 WIB