ANALISIS BAHAN AJAR KONSEP DASAR IPS BERBASIS KARAKTER UNTUK MAHASISWA
Abstract
ABSTRAK
Artikel ini membahas tentang proses dalam merancang bahan ajar berupa Buku ajar Konsep Dasar IPS pada Mahasiswa PGSD STKIP PGRI Lubuklinggau. Metode yang digunakan penulis dalam merancang bahan ajar merupakan bagian atau dua tahapan awal dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, deleopment, implementasi, dan evaluasi. Tahap analisis bertujuan untuk mengidentifikasi kurikulum, kebutuhan akan bahan ajar, sedangkan tahap desain untuk merancang kerangka Buku Ajar dan instrumen penelitian. Berdasarkan kedua tahap tersebut diperoleh konsep pendidikan Karakter yang bisa diintegrasikan ke dalam pembelajaran dengan cara menyajikan dalam Buku Konsep Dasar IPS agar pembelajaran Konsep Dasar IPS lebih bermakna dan dapat menjadi salah satu bahan bacaan berkarakter bagi mahasiswa.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Konsep Dasar IPS, Karakter
References
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Albertus, Doni Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: PT.Grasindo.
Benny A Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:PT. Dian Rakyat.
Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Departemen Pendidikan Nasional, 2010. Pendidikan Karakter Teori & Aplikasi, Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.
Dirjen Dikti Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Guru Kelas SD/MI Lulusan S1 PGSD. Jakarta: Dit. Ketenagaan. Ditjen Dikti.
Gunawan, Heri . 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung:Alfabeta.
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang:Akademia Permata.
Lickona, Thomas. 1992. Educating for character, how our schools can teach respect and responsibility. New York : Bantam Books
Mulyatiningsih, Endang.2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfa Beta
Nardi, Mikhael. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pembelajaran IPS SD Model 4-P Dipadukan Dengan Reciprocal Teaching(https://ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jipd/issue/view/9
Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Rohmah, Dina Fitrohtur dkk 2017. Pengembangan Buku Ajar Ips Sd Berbasis Kontekstual(http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9200/4445
Sanjaya,Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Sapriya. 2006. Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI PRESS Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Seels, B.R. 1994. Teknologi Pembelajaran.Jakarta : Penerbit Universitas Negeri Jakarta
Setyosari, Punaji.2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sumaatmadja, Nursyid. 2008. Konsep Dasar IPS. Jakarta. UT
Sumantri, Numan. 2001. Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya.
Wina Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung:Prenada Media Group.
Zulfiati, Heri Maria dan Chairiyah.2014. Bahan ajar pendidikan IPS SD. Yogyakarta : Universitas Sarjanawiyata Taman siswa