PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 4 DI PALEMBANG

Authors

  • Ayu Susanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir simbolik anak kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 4 di Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan bentuk eksperimen True Experimental Design dengan model  Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data  yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B  Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 4 di Palembang. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas B1 dengan jumlah 15 orang anak sebagai kelas eksperimen dan kelas B3 dengan jumlah 10 orang anak  sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar check-list yang disesuaikan dengan kisi-kisi instrumen yang telah dibuat serta dokumentasi berupa foto dan vidio. Berdasarkan nilai yang diperoleh bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 70,2. Sedangkan posttest kelas kontrol 60,9, ini berarti nilai rata-rata posstest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Selanjutnya perhitungan uji-t diperoleh thitung  = 4,22 jika dibandingkan dengan ttabel = 2,069, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima karena thitung < ttabel atau 4,04 < 2,069 dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir simbolik anak kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 4 di Palembang.

 

References

Ayu, Cheni. 2018. Media Pembelajaran Bola Kupinkhiu Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Saintifik. Kulon Gresik: Caremedia Communication.

Hedryadi, Suyani. 2015. Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kristanto, Vigih Hery. 2018. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Morrison, George S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Muhammad, Hamid. 2014. Pedoman Pembelajaran Anak Usia Dini dengan Pendekatan Saintifik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014.

Peraturan Menteri dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Suparno, Paul. 2012. Teori Perkembangan Jeans Piaget. Yogyakarta:Penerbit Kanisius.

Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2019-12-18