MIX MARKETING PERSAINGAN ANTAR PTN DAN PTS ERA GLOBALISASI

Penulis

  • Pahlawan Pahlawan

Abstrak

Persaingan antar perguruan tinggi semakin kompetetif hal ini dilatarbelakangi dengan semakin banyaknya perguruan Tinggi baik PTN dan PTS di daerah tingkat II (kabupaten, Provinsi, dan Ibu kota Negara) yang jumlah kisaran 50-100 dalam satu Propinsi, oleh sebab itu setiap perguruan tinggi berupaya  menjadikan perguruan  tinggi menjadi idola dan menjadi perguruan tinggi favorit, dewasa ini keberhasilan dalam pendidikan dengan mengandalkan kualitas/ mutu  tak memungkinkan lagi, untuk dapat meraup mahasiswa yang akan masuk dalam dunia perguruan tinggi, serta dengan adanya akreditas dari BAN PT tidak bisa  diandalkan maka diperlukan  upaya yang lebih maksimal dengan menggunakan  strategi Mix Marketing  8P (product, Price, Place, Promotion, People, Process, Phisical Evidence, dan Public Relation). Diharapkan para pemimpin perguruan tinggi hendaknya dapat dijadikan  sebagai  referensi dalam mengambil kebijakan untuk kemajuan perguruan tinggi  PTN dan PTS.

Kata Kunci: Manajemen  8 P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, Public Realtion)

Diterbitkan

2023-12-31