PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI RAKYAT PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 35 PALEMBANG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran complate sentence terhadap keterampilan menulis puisi rakyat pada siswa kelas VII di SMP Negeri 35 palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis data uji-t (paired sample t-test) untuk menjawab hipotesis dalam penelitian. Subjek dalam penelitian ini ialah kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil nilai sebelum dan setelah diterapkannya model pembelajaran. Sehingga adanya model pembelajaran yang diterapkan terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi puisi rakyat.
Kata Kunci: Complete Sentence, Puisi Rakyat, Menulis.