UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INSTRUMEN RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTORIK PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES MELALUI PENILAIAN ANTAR TEMAN DI KELAS XI IPA 2 SMAN 4 PAGARALAM

Authors

  • Mirza Awali Dosen Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas PGRI Palembang

Abstract

ABSTRAK

Peningkatan mutu pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan guru dan siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, hal ini dapat diketahui melalui informasi yang diperoleh lewat pengukuran dan penilaian. Salah satu faktor guru Penjasorkes tidak cepat membuat laporan hasil belajar setelah menyelesaikan proses pembelajaran adalah tuntutan penilaian psikomotorik dengan berdasarkan kriteria. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas penggunaan instrumen rubrik penilaian psikomotorik melalui modifikasi Penilaian antar teman. Siswa tidak hanya memberikan nilai kepada temannya, akan tetapi mereka juga harus siap menerima penilaian dari temannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan 2 bulan mulai Oktober sampai dengan November 2016 pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017, Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, siklus I dilaksanakan 5 November 2016, siklus II dilaksanakan 12 November 2016. Setiap siklus dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMAN 4 Pagaralam yang berjumlah 30 orang. Adanya peningkatan penggunaan instrumen rubrik penilaian psikomotorik pada mata pelajaran Penjasorkes di Kelas XI IPA 2 yang signifikan. Terlihat dari jumlah peserta didik yang berhasil melaksanakan penilaian antar teman yaitu berjumlah 16 orang pada siklus I atau 53,33 % dan pada siklus II berjumlah 28 orang atau 93,33%. selain itu, kegiatan penilaian antar teman mampu mendorong atau melatihkan peserta didik bersikap jujur, kerjasama, ketelitian, dan lapang dada. Pada umumnya peserta didik menyatakan senang dan suka terhadap penilaian antar teman.

 

Kata Kunci: Instrumen Rubrik Penilaian Psikomotorik, Penilaian Antar Teman

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Edwardes, HN. 1981. Bagaimana membantu orang belajar keterampilan. Padang: FPTK – IKIP Padang.

Leighbody, G.B. 1968. Methods of teaching shop and technical subjects. New York: Delmar Publishing

Mills, H.R. 1977. Teaching and training. London: The Macmillan Press, Ltd

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2005 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ryan, D.C. 1980. Characteristics of teacher. A Research study: Their description, comparation, and appraisal. Washington, DC: American Council of Education.

Zainul, Asmawi. 2001. Alternative assessment. Jakarta: Proyek Universitas Terbuka

Downloads

Published

2019-03-02