PROFIL SARANA PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMP NEGERI SE-KECAMATAN PALU SELATAN

Authors

  • Didik Purwanto Staf Pengajar Program Studi PJKR, FKIP, Universitas Tadulako
  • Hendrik Mentara Staf Pengajar Program Studi PJKR, FKIP, Universitas Tadulako

Abstract

ABSTRAK

          Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sarana prasarana pendidikan jasmani di SMP Negeri se-Kecamatan Palu Selatan tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sarana prasarana pendidikan jasmani di SMP Negeri se-Kecamatan Palu Selatan tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Negeri se-Kecamatan Palu Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehingga seluruh SMP Negeri se-Kecamatan Palu Selatan dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik survey, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan sarana prasarana olahraga yang ada di masing-masing SMP Negeri se-Kecamatan Palu Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana olahraga sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Palu Selatan rata-rata belum memenuhi kebutuhan dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani secara layak. Kepemilikan prasarana lapangan sepak bola, bola voli, dan bola basket dari 4 SMP Negeri se-Kecamatan Palu Selatan belum masuk dalam kategori baik atau ideal. Pada cabang olahraga atletik, pengadaan lembing, cakram, mistar lompat tinggi, tiang lompat tinggi dan bak lompat jauh ketersediannya juga belum masuk dalam kategori baik atau ideal. Untuk matras senam ketersediannya secara umum belum memenuhi kategori baik atau ideal.    

 

Kata Kunci:  Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Charles A. Butcher. (1967). Administration of School and College Health and Physical Education Programs. Saint Louis: The C, V Mosby Company.

Hisyam, Abror. (1991). Sarana dan Prasarana Olahraga. Semarang: IKIP Semarang.

Mulyasa. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nadisah, Mattew. (1992). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Debdikbud.

Rusli Lutan dan Sumardianto. (2000). Filsafat Olahraga. Jakarta: Depdiknas.

Surono. (2007). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutikno.(2007). Pendekatan Model Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugianto. (2012). Survei Sarana dan Prasarana Olahraga di SMAN Se-Kota Palu Sebagai Kebutuhan dalam Pembelajaran Penjaskes Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Sarjana Pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako Palu: tidak diterbitkan.

Syarifuddin. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud, Dirjen, Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Ramadhan, Achmad, dkk. (2013). Panduan Tugas Akhir (Skripsi) dan Artikel Penelitian. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Palu: tidak diterbitkan.

Yamin. (2006). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada.

Downloads

Published

2019-03-02