PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN TERHADAP PASSING SEPAK BOLA DALAM EKSTRAKURIKULER DI SD NEGERI CIBARENGKOK

Authors

  • Bangbang Syamsudar

Abstract

ABSTRACT

Dalam kehidupan modern sekarang ini manusia tidak bisa dipisahkan dari kegiatan olahraga baik sebagai salah satu pekerjaan khusus, sebagai tontonan, rekreasi, mata pencaharian, kesehatan maupun budaya. Salah satu cabang olahraga yang digemari adalah sepakbola. Untuk memenuhi keadaan tersebut, hampir disetiap sekolah di Indonesia menjadikan cabang olahraga sepakbola untuk dijadikan kegiatan ekstrakurikuler. Program ekstrakurikuler diperuntukkan bagi siswa yang ingin mengembangkan bakat dan kegemarannya dalam cabang olahraga serta lebih membiasakan hidup sehat. Ekstrakurikuler sepakbola adalah kegiatan olahraga sepakbola yang dilaksanakan di luar jam mata pelajaran dan merupakan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan potensi, bakat dan minat mereka. ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan terhadap passing sepak bola dalam ekstrakurikuler. Metode yang digunakan adala eksperimendengan desain pre test dan post test. Subjek penelitian adalah kelas 4-5 yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola terdiri dari 30 siswa yang mengikuti kegiatan modifikasi permainan dari pembelajaran sepak bola. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan passing menggunakan modifikasi permainan di SD Negeri Cibarengkok, dengan nilai t hitung 6,574 > ttabel 2,09, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 37,69%. Hasil penelitian ini berimplikasi yaitu: Jika siswa dan pelatih tahu bahwa latihan passing menggunakan modifikasi permainan mampu meningkatkan kemampuan passing siswa, maka latihan permainan ini dapat digunakan untuk variasi bentuk latihan agar kemampuan passing siswa dapat meningkat. Adanya peningkatan kemampuan passing karena metode latihan passing dengan modifikasi permainan bentuk latihanya dengan melakukan passing ke pada temanya secara berhadapan dan dilakukan berulang-ulang, sehingga kemampuan dalam melakukan passing meningkat.

 

Kata Kunci: Sepakbola, Esktrakurikuler

References

Anam Khoiril. 2013. Pengembangan Latihan Ketepatan Tendangan Dalam Sepak Bola Untuk Anak Kelompok Umur 13-14 Tahun. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. Volume 3. Nomor 2.

Armada. 2016/2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sepak Bola Dengan Pendekatan Permainan shooting Colour Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Darul Hikmah. Vol. O3, No. 10.

Ardianta. 2017. Pengembangan Model Latihan Passing Dan Control Pada Atlet Sepak Bola Usia Dini. Journal 1 (2).

Astuti Yuni. 2017. Pengaruh Metode Drill Dan Metode Bermain Terhadap Ketrampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang) Vol. 4, No. 1.

Asriani Pity. 2017. Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Vol, 2. No. 11.

Cahyanto Ghufron Is Ahmad. 2015. Pengaruh Modifikasi Permainan Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli (Studi Pada Siswa Kelas VII C Di Smpn 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo). Volume 03 Nomor 03.

Fajar Mutiara. 2017. Peranan Intelegensi Terhadap Perkembangan Keterampilan Fisik Motorik Peserta Didik Dalam Pendidikan Jasmani. Volume 16, No. 1.

Hardianto Tri. 2014. Pengaruh Modifikasi Permainan Sepak Bola Terhadap Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan. Volume 02 No 01.

Hariadi. 2011. Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 27, No. 2.

Junresti Daya Wawan. 2017. Penerapan Modifikasi Permainan Target Untuk Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Bola Voli Fik Universitas Jambi. Volume 16 No. 2.

Kurniawan Febi. 2017. Efektifitas Model Latihan Passing Control Febi Sepakbola Games Terhadap Peningkatan Hasil Passing Control Olahraga Sepakbola Untuk Pemain Pemula. Volume Viii, No. 2.

Lusianti Septyaning. 2015. Pengaruh Pemberian Permainan Sebagai Bentuk pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Nomor 27.

Mashud. 2014. Efektifitas Pembelajaran Gerak Dasar Lempar Dengan Pendekatan Bermain Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Volume 13, No. 1.

Noviada Gede. 2014.. Metode Pelatihan Taktis Passing Berpasangan Statis Dan Passing Sambil Bergerak Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Passing Control Bola Sepakbola. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Vol 1.

Nurhasan. 2014. Tes Dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. STKIP Pasundan Cimahi.

Puji Lestari Ardiyaningsih. 2015. Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pendekatan Guru Dan Orang Tua. Volume 30, Nomor 1.

Rismayanthi Cerika. 2013. Mengembangkan Ketrampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Bermain. Volume 9, Nomor 1.

Rizal Syaiful. 2017. Strategi Guru Kelas Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SD/MI. Vol. 4. No. 1.

Roni Effendi Awang. 2017. Peningkatan Pembelajaran Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola Menggunakan Modifikasi Bola Plastik. Vol. 6, No. 1.

Santoso Nurhadi. 2013. Tingkat Keterampilan Passing-Stopping Dalam Permainan Sepakbola Pada Mahasiswa PJKR B Angkatan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 10, Nomor 2.

Soedjatmiko. 2015. Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Menggunkan Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. ISSN 2354-8231.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.

Witiyasari Pertama Dwi. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Passing Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divison (STAD) Dikelas Iv B SDIT Kamil Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Volume 02 Nomor 01.

Downloads

Published

2019-03-03