FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENUGASAN KETERAMPILAN GERAKAN SIRCLE, SAPUAN DEPAN, DAN GUNTINGAN PADA ATLET BINAAN PERGURUAN PENCAK SILAT SATRIA MANDIRI SUMATERA SELATAN

Authors

  • Muhsana El Cintami Lanos Dosen Universitas PGRI Palembang

Abstract

ABSTRAK

Olahraga beladiri Pencak Silat memiliki banyak sekali tehnik didalamnya namun tidak semua tehnik dipakai dalam pertandingan, karena banyak faktor yang menghambat penguasaan keterampilan gerakannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pesilat dalam melakukan suatu teknik gerakan serta hntuk mengetahui penyebab faktor penyebab sulitnya pesilat menguasai gerakan sircle, sapuan depan dan guntingan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Langkah-langkah penelitian meliputi : (1) Observasi, (2) Penyebaran Angket, (3) Wawancara, (4) Analisis Data. Subjek penelitian adalah atlet-atlet binaan Perguruan Pencak Silat Satria Mandiri Sumatera Selatan yang berjumlah 42 orang. Sebelum melakukan penelitian secara langsung, peneliti melakukan uji coba instrument penelitian di PPS Jari Sakti Palembang dan Diklat Pengcab IPSI Kabupaten Banyuasin. Hasil penelitian didapat bahwa faktor-faktor penghambat penguasaan keterampilan gerakan sircle, sapuan depan, dan guntingan adalah 13,0 % untuk indikator guru/pelatih yang melaksanakan program latihan, 20,0% alat dan fasilitas seperti petching, body protector, matras, dan gedung tempat latihan, 12,4 % lingkungan lingkungan yang berada di sekitar area latihan, 17,3% fisik yang berada dalam program pembinaan tersebut, 37,3 % untuk indikator psikis. Hasil tersebut menunjukkan bahwa faktor yang paling besar dalam menghambat penguasaan keterampilan gerakan tersebut adalah faktor psiskis yaitu keberanian dan mental yakni sebesar 37,3%.

 

Kata Kunci: Gerakan Sircle, Sapuan Depan, dan Guntingan

References

Hasan. 2006. Panduan Lengkap Menguasai SPSS. Jakarta : Media Pustaka.

Lubis, Johansyah. 2004. Pencak Silat Panduan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marhijanto, Bambang. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Bintang Timur.

Muchtar, Anita. 2012. Hubungan Antara Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Dengan Kinerja Guru Di SDN 24 Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Universitas Tridinanti Palembang.

PB IPSI. 2003. Peraturan Pertandingan Pencak Silat Ikatan Pencak Silat Indonesia, Hasil MUNAS IPSI IX. Jakarta: Humas IB IPSI.

Subroto, Joko. 1994. Pembinaan Pencak Silat Fisik, Teknik, Taktik, dan Mental. Solo: Aneka Solo

Maryono, O’ong. 2008. Pencak Silat Merentang Waktu.Yogyakarta: Benang Merah

Slamet, Hariyadi, R.Kotot. 2002. Teknik Dasar Pencak Silat Tanding. Jakarta : Dian Rakyat

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2019-03-02