PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BALOMTIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI ATLETIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 45 PAMASIHAN

Authors

  • Yona Evasari SDN 45 Pamasihan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Balomtik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PJOK Materi atletik  pada Peserta didik Kelas VI SDN 45 pamasihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian di SDN 45 pamasihan. Subjek penelelitian siswa kelas VI SDN 45 pamasihan sebanyak 28 orang yang terdiri dari 13 orang perempuan dan 15 orang laki-laki. Waktu penelitian semester Januari-Juni 2017. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi. Data dianalisis dengan persentase dan reduksi data. Berdasarkan temuan penelitian terjadi peningkatan hasil belajar PJOK materi atletik dengan penggunaan media balomtik pada Peserta didik Kelas VI SDN 45 pamasihan.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Balomtik

References

Ade Rusliana. 2007. Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta. Bumi Aksara

Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga BolaVoli. Solo: Era Pustaka Utama

Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : PT Raja GrafindoPersada

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Sekolah dasar. Jakarta: BSNP

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Jakarta.

Depdiknas.2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan menegah Jakarta : Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Kosasih, Engkos. (1992). Olahraga Teknik dan Program Latihan. Jakarta: Akademika Presindo

Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Kunandar. 2007. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhammad Ali. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinsar Baru Algensindo

Muhammad Ali. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Nana Sudjana,. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pupuh Foturrahman.2006. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Refika Aditama

Rochiati Wiraatmaja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya

Kartu Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Downloads

Published

2019-03-02