HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN HASIL SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN B BOLA VOLI PADA SISWA EKTRAKURIKULER SMP NEGERI 1SUKAMERINDU

Authors

  • Yupansi Yupansi Universitas PGRI Palembang

Abstract

ABSTRAK

            Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya kemampuan servis atas bola pada siswa SMP Negeri 1Sujamerindu yang diduga di sebabkan oleh lemahnya kekuatn otot lengan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kekuatan otot lengan dengan hasil servis atas bola voli pada siswa SMP Negeri 1Sukamerindu. Metode penelitian ini menggynakan metode deskriptif korelatif yaitu metode yang di gunakan untuk mencari hubungan variable independent dengan variable dependent ( arkunto, 2006 119 ). Dalam penelitian inij variable independent yaitu kekuatan otot lengan dan variabel dependent yaitu servis atas. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu ada hubungan kekuatan otot lengan dengan hasil servis atas bola voli pada siswa SMA Negeri 1Sukamerindu. Hal ini dapat dilihat melalui langkah-langkah berikut: Pada analisis data penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan cara memberikan tes two hand medicine ball put diperoleh rata-rata kekuatan yang dicapai  4.1 meter. Dan tes servis atas  rata-rata nilai yang diperoleh yaitu 4.1. Dengan jelas dapat dilihat hasil nilai r adalah 0,98. Nilai tersebut apabila dikonfirmasikan dengan tabel interpretasikorelasi berada pada rentangan 0,600 – 0,799 yang tergolong dalam kategori kuat. Selanjutnya melalui pengujian hipotesis dengan nilai thitung sebesar 23,961> nilai ttabel sebesar 1.71, sehingga kriteria pengujian hipotesis yang diterima adalah Ha dan Ho ditolak.  Dan hasil tersebut menyatakan bahwa ada hubungan kekuatan otot lengan dengan hasil servis atas  bola voli pada siswa SMP Negeri 1 Sukamerindu. Besarnya kekuatan otot lengan terhadap hasil servis atas98%.

 

Kata kunci: Kekuatan Otot Lengan, Hasil Servis Atas Bola Voli.

References

Arikunto, Sukarsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Sukarsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismaryati. 2008. Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: Lembaga PengembangPendidikan (LPP) UNS.

Mutohir,Toho Cholik. 2012. Permainan Bola Voli, Konsep Teknik Strategi dan Modifikasi.Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nurhasan. 2007. Tes Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan Jasmani Prinsip- Prinsip dan Penerapanya. Jakarta: Bagian Proyek Pembiayaan Kelas Olahraga.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syafrudin. 2013. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Padang: Universitas Padang Press..

Widiastuti. 2012. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: Bumi Timur Jaya.

Downloads

Published

2019-03-02