PENGARUH LEMPAR TANGKAP DENGAN MENGGUNAKAN SMACK BALL TERHADAP KEMAMPUAN SERVICE BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI SISWA MTSN 1 MUSI BANYUASIN

Authors

  • Sugar Wanto Universitas PGRI Palembang

Abstract

ABSTRAK 

Berdasarkan hasil observasi di Mts n 1 muba, bahwa para siswa yang melakukan olahraga permainan bola voli masih banyak ditemukan belum mengetahui dan memahami tehnik dasar  servis baik servis tangan bawah atau servis tangan atas sehingga olahraga  bola voli di sekolah tersebut kurang berkembang dan diminati oleh siswa. Smack ball juga merupakan bentuk latihan mental yang menanamkan sikap kejujuran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh latihan lempar tangkap dengan menggunakan smack ball terhadap kemampuan service bawah pada permainan bola voli. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (latihan lempar tangkap dengan menggunakan smack bal)l dan variabel terikat yaitu (service bawah bola voli). penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII Mts n 1 muba, sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.2 dengan jumlah siswa 33 orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan kategori Pre-test and Post-test group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes servis bawah pada permainan bola voli, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji statistik. Berdasarkan analisis data didapatkan bahwa rata-rata kemampuan servis bawah pada permainan bola voli siswa yang setelah mengikuti program latihan lempar tangkap dengan menggunakan Smack ball sebesar 69,58, sedangkan rata-rata kemampuan servis bawah pada permainan bola voli siswa sebelum diberikan latihan lempar tangkap dengan menggunakan Smack ball adalah sebesar 52.86. Berdasarkan hal tersebut, didapatkan rata-rata tes akhir (postest) kemampuan servis bawah pada permainan bola voli lebih tinggi dibandingkan dengan tes awal (pretest). Ada pengaruh latihan lempar tangkap dengan menggunakan Smack ball terhadap kemampuan servis bawah pada permainan bola voli siswa kelas VIII Mts n 1 muba,  berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai  thitung = 7,86, sedangkan harga ttabel diperoleh sebesar 1,99 yang menunjukan bahwa   thitung = 7,86 > ttabel = 1,99.

 

Kata Kunci: Lempar Tangkap, Smack Ball, Service Bawah Bola volly

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Beutelstahl, Dieter. 2011. Belajar Bermain Bola Voli. Bandung: Pionir Jaya

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologi dalam Coaching. Tambak Kusuma. Jakarta.

http://id.wikipedia.org/wiki/Bola_voli, diakses tanggal 04 Februari 2012.

Koesyanto, Herry. http://xpenjas.blogspot.com/2010/03/teknik-bola-voli.html

Kurniawan, Feri. 2011. Buku Pintar Olahraga (Mens Sana in Corpore Sano). Jakarta: Laskar Aksara.

Ma’mun, Amung dan Subroto, Tot. 2001. Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Bola Voli. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani (Prinsip-Prinsip dan Penerapannya). Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Santoso, Iwan Heri. 2011. Smack ball Game (Bola Banting). Jakarta: Java Pustaka Group.

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiono, 2006. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alpha Bheta.

Utomo, Muhajir. 2004. Belajar Bola Voli. Ciputat. Pondok Hijau.

Widya, A Djumidar. 2004. Belajar Berlatih Gerak-Gerak Dasar Atletik dalam Bermain. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2019-03-02