PENGARUH LATIHAN KEKUATAN LENGAN MENGGUNAKAN ALAT RESISTENCE BAND TERHADAP HASIL SMASH SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMA YPI TUNAS BANGSA PALEMBANG

Authors

  • Fiki Riani Universitas PGRI Palembang
  • Mutiara Fajar Universitas PGRI Palembang
  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang

Abstract

Pengaruh latihan kekuatan lengan menggunakan alat resistence band terhadap hasil smash siswa putra ekstrakurikuler bola voli SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Masalah yang berkaitan dengan suatu penelitian ini yaitu, Hasil smash yang belum maksimal. Latihan resistance band yang seharusnya dapat berkontribusi terhadap pukulan smash belum pernah diberikan sebagai metode latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa adakah pengaruh antara latihan kekuatan lengan menggunakan alat resistence band terhadap hasil smash siswa putra eksrakurikuler bola voli SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One Group Pre test Post test yaitu suatu statistik bagi hasil pengaruh antara dua gejala, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes. Tes smash untuk mengukur hasil smash bola voli. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti suatu kegiatan ektrakurikuler di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang, yang berjumlah 20 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah 20 siswa putra SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Data yang diperoleh dari suatu yang dianalisis yang menggunakan rumus eksperiment. Hasil analisis eksperiment diperolehu untuk nilai rata-rata tes awal (pre-test) yaitu 99 dengan standar deviasi 10,8 sedangkan untuk nilai rata-rata tes akhir (post-test) yaitu 100 dengan standar deviasi 11,6. Sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang kuat antara latihan resistance band terhadap hasil smash dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler SMA YPI Tunas Bangsa Palembang, besarnya suatu pengaruh antara sebuah latihan resistance band terhadap hasil smash bola voli adalah dapat dilihat dengan hipotesis menggunakan uji t di peroleh thitung sebesar 1,595 dan harga ttabel sebesar 1,328. Jadi thitung > ttabel, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan latihan resistance band terhadap hasil pukulan smash di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang.

References

Febriyanto, O. F., & Ismalasari, R. (2020). Pengaruh latihan resistance band leg press dan resistance band lying leg press terhadap kekuatan otot tungkai ekstrakulikuler futsal putra sman 1 krembung. Ejournal.Unesa.ac.id, 2.

Ridho, M., & Made, D. I. (2018). Pengaruh latihan forwardkick resistance band terhadap peningkatan power otot tungkai pada atlet futsal u 14 – u 17 meta futsal putri. Ejournal.Unesa.ac.id, 2.

Suardika, K. I., & Agus. K. I. (2020). Model latihan trx (total body resistance exercise) terhadap kebugaran jasmani. Jurnal Penjakora, 2.

Sugiyono. 2012. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Sukirno, & Waluyo. (2012). Cabang olahraga bola voli. Palembang: Unsri Press.

Sukirno. (2017). Dasar-Dasar Atletik Dan Latihan Fisik Menuju Prestasi Tinggi, Palembang: Unsri Press.

Downloads

Published

2022-11-20