ANALISIS BAKAT OLAHRAGA PADA SISWA SMP NEGERI 22 TANJUNG JABUNG TIMUR

Authors

  • Sukendro Sukendro Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Jambi
  • Rasyono Rasyono Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Jambi
  • Elly Yuliawan Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Jambi

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bakat olahraga yangdimiliki siswa SMP 22 Negeri Tanjung Jabung Timur. (2) Potensi bakat olahraga siswa SMP 22 Negeri Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dan sampelpenelitian ini adalah siswa SMP 22 Negeri Tanjung Jabung Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive quota sampling. Sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa SMP 22 Negeri Tanjung Jabung Timur yang berumur 11-14 tahun. Sampel yang digunakan sebanyak 216 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes danpengukuran keberbakatan model sport search yang terdiri dari 10 item tes yaitu: tinggi badan, tinggi duduk, berat badan, panjang rentang kedua lengan, lempartangkap bola tenis, lempar bola basket, loncat tegak, lari kelincahan, lari cepat 40meter dan lari multitahap. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisismetode deskriptif dengan teknik survei. Setelah semua data diperoleh, kemudiandilanjutkan pengolahan data identifikasi keberbakatan olahraga menggunakansoftware komputer “sport searchâ€. Penelitian ini dilakukan selama3 bulan meliputi persiapan sampai pelaporan.Penelitian ini melibatkan tenaga keolahragaan yang mengerti tentang tes dan pengukuran kebugaran jasmani atlet.

 

Kata Kunci: Analisis Bakat Olahraga

References

A. Hamidsyah Noer. 1995. Ilmu Kepelatihan Dasar. Surakarta: UNS Press.

Ilmu Kepelatihan Dasar. Surakarta: UNS Press.

Andi Suhendro. 1999. Ilmu Kepelatihan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bloomfield, John, Ackland and Elliot Bruce. 1994. Applied Anatomy andBiomecanics in Sport. Melbourne: Blackwell Scientific Publications.

Bompa, Tudor O., 1990. Theory and Metodology of Training. Duubuque, Iowa: Kendall Hunt Publishing Company.

Depdiknas.2003. Penerapan Ilmiah dan Proses Sistematik dalam PemanduanBakat. Jakarta: Depdiknas. Bagian Proyek Fasilitas Olahraga Prestasi Direktorat Jenderal Olahraga.

Heru Suranto. 1992. Psikologi Olahraga. Surakarta: UNS Press.

Mastur AW. 1992. Metodologi Penelitian. Surakarta: UNS Press.

M. Furqon H. dan Mucshin Doewes. 1999. Pemanduan Bakat Olahraga Model Sport Search. Surakarta: Pusat Penelitian dan PengembanganKeolahragaan (PUSLITBANG-OR) UNS.

M. Furqon H. 2000. Pengembangan Bakat Olahraga. Surakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Keolahragaan (PUSLITBANG-OR) UNS.

M. Furqon H. 2003.Teknik Pemanduan Bakat Olahraga. Surakarta: Program Studi Umum Keolahragaan Program Pasca Sarjana. Universitas Sebelas Maret.

Sugiyanto & Agus Kristiyanto. 1998. Belajar Gerak II. Surakarta: UNS Press.

Yusuf Adisasmita dan Aip Syarifuddin. 1996. Ilmu Kepelatihan Dasar. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti. Proyek Pendidikan Tingkat Akademik.

Downloads

Published

2019-02-02