MOTIVASI MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG DALAM MENGIKUTI LATIHAN PANJAT DINDING

Authors

  • Alek Hendra Universitas PGRI Palembang
  • Bayu Iswana Universitas PGRI Palembang
  • Endie Riyoko alekhendra@gmail.com

Abstract

Masalah dalam penelitian ini belum diketahui motivasi mahasiswa Universitas PGRI Palembang dalam mengikuti latihan panjat dinding. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi mahasiswa Universitas PGRI Palembang dalam mengikuti latihan panjat dinding. Metode penelitian merupakan metode deskriptif kuantitatif dengan cara teknik survei. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 15 orang atlet panjat dinding. Pengumpulan data menggunakan kuisioner motivasi latihan panjat dinding dengan indikator internal dan eksternal. Analisis data menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian motivasi mahasiswa Universitas PGRI Palembang dalam latihan panjat dinding muncul karena faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor instrinsik adalah 78,5 dengan kategori tinggi. Faktor ekstrinsik yaitu 64,3 dengan kategori sangat cukup tinggi.

Author Biography

Endie Riyoko, alekhendra@gmail.com

Universitas PGRI Palembang

References

Abadi, A. K. (2016). Pembinaan Cabang Olahraga Panjat Dinding Di Federasi Panjat Dinding Indonesia. Jurnal Kesehatan Olahraga.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendi, R. (2016). Pengaruh Metode Latihan Practice Session, Test Session dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menendang Bola. Jurnal Pendidikan Undiksa , Vol 4 No 2. https://journal.unsika.ac.id/

Hamsa, M., & Hartoto, S. (2015). Survey Minat Siswa Kelas VII dan VIII di SMPN 1 Bangil dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Renang. Jurnal Pendidikan Olahraga dan kesehatan (Unesa) , VOL III, 783-788.

Hardiyono, B. (2018). Efektifitas Model Latihan Kekuatan Badgan Terhadap Keberhasilan Pemanjatan pada Olahraga Panjat Dinding Untuk Pemanjatan Pemula. Jurnal Ilmu Keolahragaan.

Ilham. (2020). Pengaruh Latihan Visuaization, Relaxation, dan Self Efficaty Terhadap Performa Atlet Panjat Dinding. Universitas Negeri Yogyakarta.

Iyakrus. (2011). Membangun Kepribadian Atlet dalam Olahraga. Altius , Vol 1 No 1. https://repository.unsri.ac.id/17527/

Prasetyo, Y., & Maksum, A. (2013). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Olahraga. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (Unesa) , VOL I, 174-179.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alfabeta, CV.

Suliyanto (2016). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi.

Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2022-11-22