PENGARUH LATIHAN TES KELINCAHAN DAN KECEPATAN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING SEPAK BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP BINA WARGA PALEMBANG

Authors

  • Abdul Rahmansyah Universitas PGRI Palembang
  • Farizal Imansyah Universitas PGRI Palembang
  • Daryono Daryono Universitas PGRI Palembang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah, hasil dribbling yang kurang baik diakibatkan rendahnya tingkat kemampuan pada peserta ekstrakurikuler sepak bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara latihan tes kelincahan dan kecepatan terhadap hasil dribbling. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu statistik untuk menentukan pengaruh latihan tes kelincahan dan kecepatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes. Tes menggiring bola melewati pembatas untuk mengukur kemampuan dribbling sepak bola. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak bola yang berjumlah 20 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah 20 siswa SMP Bina Warga Palembang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus statistik uji-t. Hasil analisis eksperiment diperoleh untuk nilai rata-rata tes awal sebelum diberikan treatment latihan tes kelincahan pada sampel kelompok eksperimen 1 yaitu 26,56 dengan simpangan baku 4,30 setelah diberikan treatment latihan tes kelincahan sampel eksperimen 1 mendapatkan nilai rata-rata yaitu 23,36 dengan simpangan baku 2,2. Sedangkan untuk nilai rata-rata tes awal sebelum diberikan treatment latihan tes kecepatan pada sampel kelompok eksperimen 2 yaitu 26,27 dengan simpangan baku 3,12. Lalu setelah diberikan treatment latihan tes kecepatan sampel eksperimen 2 mendapatkan nilai rata-rata yaitu 24,41 dengan simpangan baku 2,64. Sehingga ada pengaruh yang kuat antara latihan tes kelincahan dan kecepatan terhadap hasil dribbling dalam permainan sepak bola dapat dilihat dengan hipotesis menggunakan uji t di peroleh thitung sebesar 6 dan harga ttabel sebesar -0,966. Jadi thitung ≤ ttabel, dengan demikian Tidak Terdapat perbedaan kemampuan dribbling bola antara kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 setelah diberikan latihan tes yang berbeda pada siswa eksrakurikuler SMP Bina Warga Palembang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bompa, Tudor. 2009 Periodization. United States: Human Kinetics.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (2015). Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologi dalam Coahing. Jakarta:

Depdikbud Departemen Pendidikan

Ismaryati. 2011. Tes dan Pengukuran Olahraga, Mulyono, Budhi Setiawan, Soeharto (Ed). Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS, UPT Penerbitan dan Percetakan UNS Press.

Luxbacher A. Joseph. 2012. Sepak Bola. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhajir. 2008. PENJASORKES. Bandung: Yudhistira.

PENJASORKES. Bandung: Yudhistira.

Muhdhor, Zidane. 2013. Menjadi Pemain Sepak Bola Profesional. Indonesia:Kata Pena

Sudjana.2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Sudrajat. 2001.Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suparno. 2008. Penjasorkes. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tangkudung james. 2012. Kepelatihan tes olahraga membina prestasi olahraga. Jakarta: Cerdas Jaya.

Widiastuti. Tes dan Pengukuran Olahraga (Jakarta: PT. Bumi Timur Jaya, 2011).

Downloads

Published

2022-11-22