PENGARUH SIRKUIT TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH PADA ATLET PPLP LOMPAT JAUH SUMATERA SELATAN

Authors

  • Budi Kurniawan Universitas PGRI Palembang

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah belum maksimalnya kemampuan lompat jauh atlet Sumatera Selatan ditandai dengan ketidakmampuan bersaing pada level nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruh sirkuit training terhadap kemampuan lompat jauh pada atlet lompat jauh Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis one group desain pretest-postest. Sampel penelitian berjumlah 11 orang dengan teknik total populasi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes dan pengukuran. Instrument tes menggunakan tes kemampuan lompat jauh. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji paired sampel t test.  Berdasarkan temuan hasil penelitian dan analisis data penelitian, penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa ada ada pengaruh yang signifikan sirkuit training terhadap kemampuan lompat jauh atlet lompat jauh PPLP Sumatera Selatan karena  thitung   (-) < ttabel yaitu -1,840 < 1,812.

References

Antara. (2021). PON Papua: Sapwaturrahman Raih Emas, Gagal Pecahkan Rekornya Sendiri. Sport Tempo.

Hariyanta, I. W., Parwata, I. G., & Wahyuni, N. P. (2014). Pengaruh Circuit Training Terhadap Kekuatan Otot Tungkai dan Vo2maks. e-Journal IKOR , Vol 1.

Heryadi, A. D. (2020). Penerapan Metode Circuit Training pada Materi Lari, Lempar dan Lompat di Kelas. Jurnal Educatio FKIP UNMA , Vol 6 No 1.

Kumbara, H., & Sukirno. (2017). Korelasi Kebutuhan Kalori, Power Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki dengan Hasil Lompatan pada Atlet Pelajar Sumatera Selatan. Physical Education, Health and Recreation , Vol 2 No 1.

Purwanto, H. (2006). Peranan Kecepatan Lati, Kekuatan Otot Tungkai, Panjang Tungkai pada Prestasi Lompat Jauh. Jopres; Jurnal Olahraga Prestasi , Vol 2 No 6.

Trisandy, M., & Sugiyanto. (2017). Peningkatan VO2max Melalui latihan Circuit Training. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani , Vol 1 No 2.

Yani, A. (2015). Pengaruh Metode Latihan Sirkuiti, Metode Konvensional dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok. Jurnal Primary , Vol 4 No 2.

Yappa. (2019). Pengaruh Latihan Lompat dengan Rintangan dan Meraih Sasaran di Atas Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok. JIKAP: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan , Vol 3 No 2.

Yola, F., & Rifki, M. S. (2020). Pengaruh Latihan Surkuit Terhadap Volume Oksigen Maksimal Pemain SSB. Jurnal Stamina , Vol 3 No 6.

Downloads

Published

2022-11-22