PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN TRADISIONAL TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUMBER MARGA TELANG

Authors

  • Alfian Alfian Universitas PGRI Palembang
  • Muhsana El Cintami Lanos Universitas PGRI Palembang

Abstract

Kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran lari jarak pendek, Media pembelajaran yang kurang menarik dan Metode yang di gunakan tidak bervariasi sehingga menimbulkan kejenuhan pada siswa. Berdasarkan masalah di atas peneliti berencana mengembangkan model pembelajaran yang menarik, sehingga dapat meningkatkan minat dan antusias siswa dalam pembelajaran lari jarak pendek, dan penggunakan media pembelajaran dengan efektif. Sehingga melalui model pembelajaran tersebut dapat menunjang dan meningkatkan kualitas perkembangan pada pertumbuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan model pembelajaran lari jarak pendek melalui pendekatan permainan tradisional tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Sumber Marga Telang. Dalam penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model Borg and Gall yaitu . Research And Information Collecting. Planning. Develop Preliminary Form a Product. Preliminary Field Testing.  Main Product Revision.  Main Field Testing. Operational Product. Penelitian ini dibatasi pada tahap ke 7 yaitu pada tahap operasional produk. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa deksriptif presentase untuk mengolah data kualitatif dan kuantitatif. Pada penelitian ini telah melalui validasi ahli, yaitu validasi ahli media diperoleh ratarata presentase 90%, validasi ahli materi diperoleh rata-rata presentase 72% dan validasi ahli pengajaran diperoleh rata-rata presentase 94%. Dari ketiga ahli sebagai validator diperoleh nilai rata-rata presentase 85%. Setelah melakukan validasi terhadap produk penelitian berupa naskah, kemudian melakukan uji skala kecil yang dilakukan pada 10 peserta didik mendapatkan nilai presentase 90,4% dan pada uji skala besar kepada 40 siswa mendapat nilai rata-rata presentase 88,6% yang berarti pada pengembangan model pembelajaran lari jarak pendek melalui pendekatan permainan tradisional tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Sumber Marga Telang layak digunakan sebagai bahan pembelajaran pada siswa tingkat Sekolah Dasar.

References

Iwan, G. H. (2020). Penelitian dan pengembangan. malang

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.

Kurniadi, D., & Prapanca, S. (2010). Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV.

Muhubiddin, F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). ALFABATE.

Yahya Eko Nopiyanto, Septian Raibowo, A. (2020). Pembelajaran Atletik. Elmarkazi.

Yuliawan, E., & Sukendro. (2019). dasar dasar atletik. In Dasar-dasar Atletik. Salim Media Indonesia.

Downloads

Published

2022-10-22